Kini, Wisatawan Juga Bisa Membatik di Kampung Batik Sidomukti Magetan

Paket wisata di Desa Batik, Sidomukti, Plaosan, Magetan dibuat lebih komplet untuk menarik wisatawan.

Kini, Wisatawan Juga Bisa Membatik di Kampung Batik Sidomukti Magetan Ketua BUMDes Sidomukti, Eko Listio, menunjukkan koleksi motif batik bikinan warga Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jumat (25/10/2019). (Abdul Jalil-Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MAGETAN -- Kampung Batik Sidomukti tidak hanya menjadi jujukan untuk mencari kain batik khas Magetan. Tetapi kini Kampung Batik Sidomukti juga menjadi lokasi wisata edukatif yang layak dikunjungi.

    Pengelola wisata Kampung Batik Sidomukti juga menyiapkan berbagai paket kepada wisatawan. Ada paket ceria, paket pintar batik, dan paket penjelajah.

    Untuk paket ceria, tarifnya yaitu Rp25.000/orang dengan fasilitas tur proses membatik, pemandu membatik, praktik pewarnaan batik, dan hasil karya bisa dibawa pulang. Paket pintar batik dengan tarif Rp30.000/orang dengan fasilitas tur proses batik, pemandu membatik, praktik edukasi batik (mencanting dan mewarnai batik), welcome drink, dan hasil karya bisa dibawa pulang.

    Paket penjelajah dengan tarif Rp75.000/orang, fasilitas yang didapatkan tour guide kampung batik, snack dan minuman, tur proses membatik, praktik edukasi batik, jalan-jalan keliling Kampung Batik Sidomukti (opsi jelajah : visit kelompok batik, industri kue bolu, industri kaos kaki, sentra pembenihan).

    Ketua BUMDes Sidomukti, Eko Listio, mengatakan wisata edukasi di Kampung Batik baru dikelola pada awal 2019. Wisatawan tidak hanya membeli produk batik khas Magetan ini, tetapi secara langsung bisa belajar membatik.

    Meski tergolong baru, namun antusiasme wisatawan cukup tinggi yang memanfaatkan paket wisata edukasi ini. Terutama saat musim libur lebaran, bisa puluhan orang yang ingin mencoba wisata edukasi ini.

    "Jadi tidak hanya diajak keliling kawasan di kampung batik. Tetapi wisatawan juga belajar membatik. Kami sediakan kain dan canting untuk membatik, setelah itu hasilnya bisa dibawa pulang sebagai suvenir," kata dia, Jumat (25/10/2019).

    Eko menyampaikan untuk promosi paket wisata ini, pihaknya menggandeng sejumlah agen wisata di Indonesia. Hasilnya, banyak wisatawan dari luar daerah bahkan luar pulau yang mulai berkunjung ke Kampung Batik Sidomukti dan membeli produk kain batiknya.

    Dengan adanya pengembangan wisata ini, kqta dia, berdampak pada tingkat perekonomian masyarakat setempat. Kelompok-kelompok usaha di berbagai bidang juga mulai bergeliat. Seperti industri bolu rumahan, industri kaos kaki, pembibitan tanaman, dan lainnya.

    "Orang kalau datang ke sini kan pasti ingin mengunjungi yang lain juga. Sehingga ada efek dari perkembangan wisata ini," ujarnya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.