Kisah Mistis Gunung Raung, Pendaki Bertemu Hantu Nenek-Nenek Berkerudung

Yoga Pratama menjelaskan sosok yang dilihatnya adalah seorang wanita tua, memakai kerudung, dan berpakaian ala orang desa.

Kisah Mistis Gunung Raung, Pendaki Bertemu Hantu Nenek-Nenek Berkerudung Semburan abu vulkanik Gunung Raung terlihat di Sempol, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (9/2/2021). (Antara/Budi Candra Setya)

    Madiunpos.com, BANYUWANGI - Gunung Raung akhir-akhir ini menjadi sorotan lantaran peningkatan aktivitas vulkaniknya. Bahkan statusnya telah dinaikkan menjadi Level II  atau Waspada, yang sebelumnya Level I (Normal).

    Di balik itu, Gunung Raung juga menyimpan cerita mistis. Hal itu diungkap Yoga Pratama, warga Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

    Cerita bermula saat dia diajak petugas PVMBG Bandung untuk memasang alat di Gunung Raung. Pendakian gunung dilakukan melalui jalur pendakian Kecamatan Kalibaru.

    Muhammadiyah: Awal Ramadan 13 April, Lebaran 13 Mei

    “Berangkat dari Pos PGA Raung, dari petugas ada lima orang, kalau saya berdua bersama teman saya,” kata dia, seperti dikutip dari Suara.com, Kamis (11/2/2021).

    “Saya mulai naik itu sekitar pukul 04.00 WIB sampai atas itu sekitar Jam 14.00 WIB,” imbuhnya.

    Ia melanjutkan perjalanan menuju lokasi sangat melelahkan. Sebab, kondisi yang terjal dan tertutup rerimbunan pohon. Juga terdapat jurang pada dua sisi sepanjang perjalanan menjadi tantangan berat.

    Berboncengan Motor, Pengantin Baru Terlindas Truk Gandeng di Mojokerto

     

    Mencari Kayu

    “Kalau ke sana badan harus fit, bawa perlengkapan karena di sisi kakan kiri masih banyak pohon. Sekalian buat jalan,” jelasnya.

    Dijelaskannya, ada salah seorang petugas PVMBG sempat mengalami sakit. Tapi, yang bersangkutan tetap memaksa naik ke atas.

    “Sakit demam kayaknya, mau pulang tapi sudah sampai di tengah. Akhirnya dipaksa sampai atas juga. Pas turun sampai bawah langsung terkapar,” sambung dia.

    Nekat Keluar Kota saat Libur Imlek, Sanksi Menanti ASN Jatim

    Seusai memasang alat yang dimaksud, rombongan memutuskan beristirahat sejenak di bawah pohon. Saat itu matahari telah terbenam. Hal yang tak diduga sebelumnya pun terjadi. Sosok mistis menyapanya.

    “Tiba-tiba ada yang bilang nyare kaju [bahasa Madura] atau mencari kayu. Saya kaget, kok ada orang malam-malam nyari kayu di tempat ini. Tapi saya diam kalau saya bilang bisa lari semua,” katanya.

    Ia menjelaskan sosok yang dilihatnya adalah seorang wanita tua. Dia memakai kerudung dan berpakaian ala orang desa.

    Panik Balap Liar Dirazia, Remaja di Blitar Ceburkan Motor ke Sungai

     

    Kali Pertama

    “Sosoknya itu tua, tapi naik ke pohon mencari kayu katanya. Sebenarnya saya merinding, tapi saya diam saja, biarkan dia menyapa,” kisahnya.

    Pria yang sehari-hari bekerja di kebun ini mengaku sudah tiga kali mendaki Gunung Raung. Tapi baru kali ini bertemu sosok halus itu.

    “Pertama itu saya pas masih SMA, terakhir ya kemarin itu. Dulu nggak pernah ketemu seperti itu. Paling si Mbah, macan tutul itu saya temui,” ungkapnya.

    Terpapar Covid-19, Anggota Bawaslu Surabaya Meninggal

    Setelah turun gunung, barulah Yoga berani bercerita tentang sosok astral yang ditemuinya tadi. “Saya bilang, saat di atas bertemu sosok itu. Mereka terkejut,” ujarnya.

    Lalu, Dia juga bercerita mengenai pengalaman lain bertemu makhluk halus. Bahkan dia sering bertemu di tempat lain di lereng Raung.

    “Percaya gak percaya kalau di sini [Gumarang Bike Park] itu banyak kayak gitu. Kita kan gak tau namanya hutan belantara seperti ini. Asal kita gak ganggu mereka,” tutupnya.

    Berawal dari Ledakan di Kamar, Rumah Nenek-Nenek di Madiun Ludes Terbakar

    Sekadar informasi, erupsi Gunung Raung masih terus terjadi hingga saat ini. Statusnya mulai naik dari Normal (Level I) menjadi Waspada (Level II) sejak 21 Januari 2021.

    Beberapa kali bahkan terlihat cahaya api di puncak gunung saat malam hari. Suara gemuruh menggelegar keras terdengar hingga radius 30 kilometer. Semburan abu vulkanik juga keluar mengguyur hampir seluruh wilayah Banyuwangi, bahkan hingga Bali.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.