Lagi, Banjir Terjang Bandar Kedungmulyo Jombang

Sejumlah dusun yang digenangi banjir mulai dari Dusun Bandar, Dusun Kedunggabus, dan Dusun Kalipuro (Desa Bandar Kedungmulyo).

Lagi, Banjir Terjang Bandar Kedungmulyo Jombang Warga melintasi jalan yang terendam banjir di Dusun Prayungan, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (6/2/2021). [ANTARA FOTO/Syaiful Arif]

    Madiunpos.com, JOMBANG- Setelah banjir surut beberapa waktu lalu, hari ini banjir kembali datang menerjang sejumlah dusun di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

    Sejumlah dusun yang digenangi banjir mulai dari Dusun Bandar, Dusun Kedunggabus, dan Dusun Kalipuro (Desa Bandar Kedungmulyo).

    Di tiga dusun tersebut ketinggian air bervariasi, antara 60 hingga 120 sentimeter. Hal yang sama juga terjadi di Dusun Proko dan Dusun Brangkal (Desa Brangkal). Ketinggian air di dua dusun itu 40 sentimeter.

    Kisah Mistis Gunung Raung, Pendaki Bertemu Hantu Nenek-Nenek Berkerudung

    Kemudian di Dusun Suwalo, Desa Pucangsimo. Air yang awalnya surut hingga mata kaki, kini naik naik lagi setinggi lutut.

    Camat Bandar Kedungmulyo, Mahmudi, mengatakan naiknya debit air tersebut bukan karena tanggul jebol lagi. Tapi karena gelontoran air dari hulu yang meningkat.

    "Kenaikan air bervariasi. Pagi ini ketinggian air meningkat di beberapa dusun. Semisal di Dusun Kedunggabus, Kalipuro, Proko, serta beberapa dusun lainnya," kata Mahmudi seperti dikutip Suara.com, Kamis (11/02/2021).

    Terpapar Covid-19, Anggota Bawaslu Surabaya Meninggal

     

    Bantuan

    Sementara itu, warga Dusun Kedunggabus, Yuliati, 65, mengaku awalnya meninggalkan pengungsian air sudah surut. Nenek ini kemudian bersih-bersih rumah karena lumpur bekas banjir memenuhi rumahnya. Namun ironis, setelah pekerjaan beres, banjir datang lagi.

    "Tadi sudah surut. Makanya saya kembali ke rumah untuk bersih-bersih. Termyata beberapa saat kemudian banjir datang lagi. Akhirnya saya kembali mengungsi lagi," kata Yuliati yang mengungsi di SDN Bandar Kedungmulyo.

    Bantuan untuk korban banjir di sejumlah dusun di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, terus berdatangan. Bantuan tersebut bukan hanya untuk warga, tapi juga untuk sapi dan kambing milik pengungsi.

    Panik Balap Liar Dirazia, Remaja di Blitar Ceburkan Motor ke Sungai

    Sukarelawan bukan hanya sibuk mengurusi warga yang mengungsi. Mereka juga menyalurkan bantuan untuk sapi milik pengungsi itu. Selama beberapa hari banjir, pakan untuk ternak tersebut terabaikan.

    Hingga kemudian datang bantuan dari PAC (Pengurus Anak Cabang) GP Ansor Kecamatan Diwek. Mereka mengirimkan tanaman jagung sebanyak tiga mobil pikap ke posko bencana MWC NU yang ada halaman kantor Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

    Oleh sukarelawan Banser, pakan ternak tersebut didistribusikan ke sapi milik pemgungsi di Dusun Prayungan, Desa Gondangmanis. “Bantuan pakan ternak tersebut sudah kita distribusikan,” kata Ketua Ansor Jombang, H Zulfikar Damam Ikhwanto, Kamis (11/2/2021).

    Berawal dari Ledakan di Kamar, Rumah Nenek-Nenek di Madiun Ludes Terbakar

    Bantuan serupa juga datang dari Pamekasan. Bantuan berupa bekatul untuk ternak. Berkarung-karung bekatul tersebut juga didistribusikan ke sejumlah dusun.

    "Ternak merupakan aset berharga bagi warga desa. Makanya juga perlu untuk dibantu. Relawan Banser terus berada di lapangan untuk meringankan beban korban banjir," kata Gus Antok, panggilan akrab Ketua Ansor Jombang.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.