Kisah Warga Pedalaman Hutan Madiun, Kini Bisa Menikmati Terangnya Lampu Listrik (bagian 3-habis)

Menajer PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Caruban, Ari Sihrahmat, mengatakan Dukuh Sekalus memang sudah lama menjadi perhatian.

Kisah Warga Pedalaman Hutan Madiun, Kini Bisa Menikmati Terangnya Lampu Listrik (bagian 3-habis) Warsito, salah satu warga Dukuh Sekalus, Desa Cermo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, menunjukkan baterai untuk penyimpanan listrik dari panel surya, Sabtu (20/12/2021). (Abdul Jalil/Solopos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Menajer PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Caruban, Ari Sihrahmat, mengatakan Dukuh Sekalus memang sudah lama menjadi perhatian. Sebenarnya, listrik PLN akan dialirkan ke kampung yang ada di tengah hutan itu. Namun, karena medan yang cukup sulit untuk pemasangan konstruksi pembangunan jaringan, maka penyaluran listrik PLN di sana batal dilakukan.

    Selain faktor sulitnya medan, kata dia, juga karena belum memenuhi rasio investasi PLN. Sehingga program elektrifikasi di Dukuh Sekalus ditangani oleh pemerintah daerah, dalam hal ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

    “PLN mau menarik jaringan ke sana [Dukuh Sekalus] itu belum memungkinkan, karena medan yang sangat berat. Kalau pun trafo masuk ke sana, juga belum memungkinkan. Jadi alternatifnya ya dari panel surya,” kata dia saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/12/2021).

    Di wilayah Kabupaten Madiun, lanjut dia, rasio elektrifikasi sudah mencapai 102%. Artinya seluruh rumah di Kabupaten Madiun sudah dialiri listrik. Untuk program pemasangan panel surya di Dukuh Sekalus, seluruhnya dibiayai pemerintah daerah.

    Sementara itu, Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, membenarkan ada sejumlah warganya yang tinggal di pedalaman hutan di Dukuh Sekalus, Desa Cermo. Pemerintah telah berupaya untuk menyediakan listrik bagi warga yang tinggal di sana. Salah satunya dengan pemasangan panel surya secara gratis bagi warga di kampung tengah hutan itu.

    “Panel surya yang ada di Sekalus itu bantuan dari pemerintah provinsi. Itu sebagai bentuk perhatian kita terhadap masyarakat yang tinggal di pedalaman. Karena memang lokasinya sulit dijangkau, jadi pemasangan panel surya ini menjadi solusi,” jelas bupati.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.