Kisah Wisatawan Terjebak Longsor Ijen: Maju Kena Mundur Kena

Empat mobil berbagai jenis dari sejumlah kota itu terjebak longsor di kawasan Ijen dan tak bisa melanjutkan perjalanan.

Kisah Wisatawan Terjebak Longsor Ijen: Maju Kena Mundur Kena Salah seorang wisatawan terjebak longsor di kawasan Ijen, Bondowoso. (Chuk S Widarsha/detikcom)

    Madiunpos.com, BONDOWOSO - Sebanyak empat kendaraan roda empat berisi delapan wisatawan terjebak di antara lokasi longsor di kawasan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur. Akibatnya, mereka harus bermalam di tengah hutan.

    Para wisatawan tersebut awalnya hendak rekreasi ke Kawah Ijen. Mereka bukanlah rombongan. Mereka adalah para wisatawan yang berwisata mandiri. Namun perjalanan mereka terhalang karena terjadi lonsor di beberapa lokasi di akses menuju Kawah Ijen.

    Empat mobil berbagai jenis dari sejumlah kota itu pun terjebak dan tak bisa melanjutkan perjalanan.

    Soal Isu Kudeta, Demokrat Surabaya Minta Jokowi Respons Surat AHY

    "Saya memang berencana mau ke Kawah Ijen. Rencana mau naik melihat blue fire tadi malam," tutur Seno, 34, salah seorang wisatawan yang terjebak kepada detikcom di Ijen, Selasa (2/2/2021).

    Pria yang mengaku warga Surabaya ini menceritakan bersama temannya sempat khawatir terhadap kondisi alam di sekitar wilayah Ijen. Selama perjalanan hujan turun dengan lebat.

    "Sebenarnya ada mobil di depan saya. Tapi lolos. Saat saya lewat, longsor. Mau putar balik, di belakang ternyata juga longsor. Akhirnya ya maju kena mundur kena," tukas Seno.

    Gunung Semeru Luncurkan awan Panas, Enam Desa Diguyur Hujan Abu

     

    Bikin Stres

    Senada disampaikan seorang wisatawan lainnya, Sukianto. Bersama temannya dia juga terjebak di antara dua lokas longsor. Kendati tak sampai mengancam jiwa, namun dia sempat stres.

    "Saya terjebak dan tak bisa bergerak ke mana-mana. Di tengah hutan pula. Akhirnya tidur di dalam mobil untuk mengusir dingin dan kemunginan ada satwa liar," ujar Sukianto.

    Para wisatawan yang terjebak longsor tersebut memang tak bisa bergeser dan meminta bantuan ke mana-mana. Sebab, lokasi longsor memang ada di tengah hutan lintas jalur ke Kawah Ijen, atau lintas jurusan Bondowoso-Banyuwangi.

    Banjir Bandang Jombang Terjang 1 Desa, 3 Rumah Rata dengan Tanah

    Bencana tanah longsor terjadi wilayah Kecamatan Ijen, Bondowoso. Belum ada laporan adanya korban jiwa dalam kejadian ini. Namun sejumlah kendaraan roda empat terjebak karena tak bisa melintas.

    Akibat kejadian ini, ruas jalan menuju kawasan wisata Kawah Ijen terputus total karena tertutup material longsor. Sejumlah pohon juga tumbang.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.