KM Karya Indah Terbakar di Tengah Laut, 181 Penumpang dan 14 ABK Selamat

Kapal Motor (KM) Karya Indah mengalami kebakaran di tengah lautan Maluku Utara (Malut).

KM Karya Indah Terbakar di Tengah Laut, 181 Penumpang dan 14 ABK Selamat

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Kapal Motor (KM) Karya Indah mengalami kebakaran di tengah lautan Maluku Utara (Malut). Sebanyak 181 penumpang dan 14 nak buah kapal (ABK) dinyatakan selamat dan berhasil dievakuasi.

    KM Karya Indah merupakan kapal penumpang berukuran GT 1.148 dengan kapasitas 300 orang. Pada saat kejadian, kapal sedang membawa 14 orang ABK dan 181 penumpang, yang terdiri atas 155 orang dewasa, 22 anak, dan 4 orang lansia.

    “Saat ini proses evakuasi terhadap 14 ABK dan 181 penumpang kapal telah selesai dilakukan dan seluruhnya dalam kondisi selamat,” kata Kepala KSOP Kelas II Ternate Affan Tabona dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/5/2021).

    Affan menuturkan KM Karya Indah tiba-tiba mengalami kebakaran dalam perjalanan dari Pelabuhan Ternate menuju Pelabuhan Sanana. Pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran yang terjadi di kapal tersebut dan masih fokus melakukan proses evakuasi penumpang dan awak kapal.

    KSOP Kelas II Ternate dan UPP Sanana telah mengerahkan kapal patroli KPLP dan Basarnas beserta kapal-kapal pelayaran setempat.

    "Kami sangat mengapresiasi kesigapan awak kapal yang menerapkan SOP keselamatan dalam kondisi darurat kepada penumpang," kata dia.

    Kapal Dievakuasi

    KM Karya Indah yang mengalami kebakaran di tengah lautan Maluku Utara dievakuasi ke pulau terdekat, yakni Pulau Lifamatola yang berada di Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara.

    "Sudah dievakuasi ke pulau terdekat. Pulau Lifamatola," kata Juru Bicara Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Ichsan, saat dihubungi, Sabtu.

    Ichsan mengatakan para korban langsung loncat ke laut saat kapal terbakar. Mereka menggunakan life jacket (baju pelampung) yang telah disediakan.

    "Iya, para korban langsung loncat ke laut menggunakan life jacket di saat kapal terbakar," paparnya.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.