Kaki Kram saat Tidur, Berikut Ini Penyebabnya

Kram kaki saat tidur sering dialami sebagian orang. Ada beberapa penyebab mengapa keadaan tersebut bisa terjadi.

Kaki Kram saat Tidur, Berikut Ini Penyebabnya Ilustrasi kaki kram saat tidur. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Sebagian orang pasti merasakan terbangun di malam hari karena mengalami kejang otot atau kram pada kaki saat tidur. Keadaan ini biasa muncul di bagian betis atau paha, dengan otot-otot yang terasa menegang atau terikat selama beberapa detik bahkan menit.

    Selain bisa timbulkan nyeri sampai merintih, kaki kram saat tidur pasalnya bisa mengganggu kualitas tidur karena menyebabkan Anda terbangun di malam hari.

    Penyebab kram kaki saat tidur terjadi karena kegiatan sehari-hari atau kondisi medis tertentu. Kram kaki juga disebut-sebut merupakan salah satu penyebab utama gangguan tidur yaitu insomnia.

    Dilansir dari sehatq.com, Selasa (19/1/2021), inilah beberapa penyebab kaki kram saat tidur.

    Menko Perekonomian Airlangga Disebut Tak Bermoral karena Tak Jujur Pernah Positif Covid-19

    1. Pola hidup sedentary atau malas gerak (mager)

    Salah satu penyebab kaki kram saat tidur adalah kebiasaan mager atau pola hidup sedentary sehari-hari. Duduk dalam jangka waktu yang lama bisa membuat otot kaki lebih rentan mengalami kram.

    Oleh sebab itu, peregangan otot kaki perlu dilakukan beberapa kali saat Anda beraktivitas.

    1. Posisi duduk

    Kebiasaan duduk dalam jangka waktu yang lama ditambah posisi duduk yang tidak benar seringkali jadi penyebab kaki kram saat tidur. Misalnya, posisi duduk dengan kaki menyilang yang dapat memperpendek otot betis sehingga mengakibatkan kram kaki, termasuk saat tidur.

    1. Terlalu lama berdiri

    Terlalu lama berdiri juga menjadi penyebab kaki kram saat tidur. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang terlalu lama berdiri di lingkungan kerja lebih berisiko akan mengalami kaki kram di malam hari.

    Polres Tuban Tetapkan 3 Tersangka Ambil Paksa Jenazah Pasien Covid-19

    1. Olahraga terlalu berat

    Penyebab kaki kram saat tidur mungkin terjadi apabila Anda kerap melakukan olahraga berat. Olahraga terlalu berat dapat menyebabkan kram kaki saat tidur karena otot-otot tubuh bekerja terlalu keras.

    1. Usia

    Seiring bertambahnya usia, Anda mungkin jadi lebih berisiko mengalami kram kaki di malam hari. Menurut hasil studi, sebanyak 33 persen orang berusia di atas 50 tahun mengalami kram kaki di malam hari. Inilah yang menjadi penyebab kaki kram saat tidur.

    1. Mengalami dehidrasi

    Pada beberapa kasus, orang-orang yang mengalami dehidrasi juga menyebabkan kram kaki. Ini karena kebutuhan asupan cairan dalam tubuh sebelum tidur kurang sehingga membuat fungsi otot kaki tidak dapat bekerja dengan optimal.

    Covid-19 Gejala Ringan, Begini Tips Tetap Aman Isolasi Mandiri di Rumah



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.