Nyeri Leher Sangat Mengganggu, Lakukan Hal Ini

Nyeri leher bisa terjadi karena posisi tidur atau postur tubuh yang kurang baik. Ada beberapa cara mudah untuk mengurangi nyeri pada leher.

Nyeri Leher Sangat Mengganggu, Lakukan Hal Ini Ilustrasi nyeri leher. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Leher adalah struktur dari sistem gerak tubuh yang sangat fleksibel dan bertugas untuk menyokong berat atau beban dari kepala Anda. Leher terdiri dari tulang belakang yang membentang dari tengkorak ke batang tubuh bagian atas.

    Leher sangat rentan mengalami cedera atau masalah kesehatan yang menyebabkan rasa sakit atau kaku. Nyeri leher umumnya bisa menyebar hingga ke area lengan hingga punggung bagian atas. Hal ini membuat gerakan leher dan kepala menjadi terbatas.

    Nyeri leher biasa muncul di leher belakang, leher sebelah kanan, leher sebelah kiri maupun leher bagian depan. Penyebab nyeri leher sakit cukup beragam, mulai dari posisi tidur dan postur tubuh yang kurang baik, hingga penyakit yang berkaitan dengan kondisi tulang leher.

    Umumnya, nyeri leher ringan dapat diatasi sendiri di rumah. Berikut langkah-langkah mengurangi nyeri leher seperti dilansir dari alodokter.com, Selasa (19/1/2021).

    Menko Perekonomian Airlangga Disebut Tak Bermoral karena Tak Jujur Pernah Positif Covid-19

    1. Menggerakkan otot leher

    Gerakan otot leher secara perlahan-lahan. Lakukan gerakan melingkar agar otot-otot yang sakit bisa direnggangkan. Setelah itu, variasikan dengan gerakan ke depan dan belakang, lalu ke kiri dan ke kanan. Hentikan gerakan bila terasa sakit.

    Sedikit demi sedikit rentang gerak otot leher akan semakin membaik seiring latihan gerakan yang Anda lakukan.

    1. Berendam dengan larutan garam mandi

    Larutan garam mandi dapat membantu melemaskan otot-otot yang kaku, mengurangi stres, dan melancarkan sirkulasi darah. Dengan demikian, selain mengurangi sakit leher, berendam di larutan garam mandi dapat sekaligus menenangkan pikiran.

    1. Kompres hangat dan dingin

    Mandi air hangat atau menempelkan bantalan pemanas di leher belakang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke leher, serta membantu otot-otot leher menjadi rileks.

    Pilihan yang lebih baik lagi adalah menyelinginya dengan kompres leher menggunakan es. Bungkus es dengan menggunakan handuk, lalu tempelkan selama beberapa menit di area yang diinginkan untuk mengurangi rasa sakit.

    Leicester City 2-0 Chelsea: Si Rubah Puncaki Klasemen Liga Inggris

    1. Oleskan balsam

    Anda dapat mengoleskan balsam pada bagian leher yang sakit. Balsam atau salep mengandung bahan aktif berbeda untuk menekan sinyal rasa sakit, seperti capcaisincamphor, dan menthol.

    1. Pijat

    Pijat dapat membantu meringankan otot leher belakang yang tegang. Bahkan menurut penelitian, pijat paling bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit, walau hanya dalam jangka pendek.

    1. Perbaiki posisi tidur

    Tak jarang posisi tidur yang kurang baik menyebabkan sakit leher belakang. Untuk mengatasinya, perbaiki posisi tidur Anda dengan menggunakan bantal yang tidak terlalu tinggi serta pertahankan posisi tidur agar kepala tidak terlalu terangkat tinggi.

    Covid-19 Gejala Ringan, Begini Tips Tetap Aman Isolasi Mandiri di Rumah



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.