Langka, 1 dari 2 Rumah Kapitan China di Indonesia Ada di Kota Madiun

Langka, 1 dari 2 Rumah Kapitan China di Indonesia Ada di Kota Madiun Bekas rumah Kapten Cina Madiun. (istimewa/Historia van Madioen)

    Wisata Madiun, tim ahli Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah meninjau 19 bangunan diusulkan menjadi benda cagar budaya.

    Madiunpos.com, MADIUN -- Tim ahli Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah meninjau 19 bangunan di Kota Madiun yang diusulkan menjadi benda cagar budaya. Kini, Pemkot Madiun menunggu rekomendasi dan penetapan 19 bangunan itu sebagai cagar budaya.

    Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga Kota Madiun, Agus Purwowidagdo, mengatakan terakhir pada tanggal 15 Maret lalu, tim ahli itu meninjau rumah Kapitan China di Jl. Kolonel Marhadi, Kelurahan Nambangan Lor, dan kompleks Gereja Santo Cornelius di Jl. Pahlawan, Kelurahan Pangongangan.

    "Tim ahli melihat dan mencari informasi mengenai pengelolaan kompleks gereja yang juga ada sekolahannya itu," jelas dia kepada wartawan, Selasa (20/3/2018).

    Agus menuturkan keterangan tim ahli bahwa rumah Kapitan China di Madiun tersebut tempat langka. Di Indonesia, hanya ada dua rumah Kapitan China yang masih berwujud bangunannya. Yaitu rumah Kapitan China di Madiun dan Medan.

    "Rumah Kapitan China di Madiun ini nantinya akan di-eksplore. Ini soalnya di Indonesia hanya ada dua," terang dia.

    Setelah peninjauan lapangan ini, kata Agus, tim ahli akan mengeluarkan rekomendasi terkait bangunan cagar budaya. Diperkirakan rekomendasi tersebut akan turun pada April mendatang.

    Setelah rekomendasi turun, Pemkot Madiun akan mulai membersihkan dan memasang prasasti-prasasti di 19 bangunan cagar budaya itu.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.