Lebih Sehat, Berikut 5 Sumber Karbohidrat Selain Nasi

Nasi menjadi salah salah satu sumber karbohidrat bagi tubuh. Tetapi ada beberapa sumber karbohidrat lain selain nasi yang lebih menyehatkan.

Lebih Sehat, Berikut 5 Sumber Karbohidrat Selain Nasi Kentang menjadi salah satu sumber karbohidrat yang sehat. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Nasi menjadi makanan pokok bagi sebagian besar orang. Bagi mereka, belum mengkonsumsi nasi artinya belum bisa dianggap makan.

    Nasi dipilih sebagai sumber karbohidrat asupan sehari-hari. Kandungan karbohidrat perlu dikonsumsi secara rutin untuk menambah energi bagi tubuh dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

    Namun, terlalu banyak mengkonsumsi nasi dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Terlalu banyak mengkonsumsi nasi dapat menyebabkan diabetes dan berat badan yang berlebih.

    Ada banyak sumber karbohidrat lain yang dapat dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi yang memiliki kandungan lebih sehat daripada nasi putih. Dilansir dari halodoc.com, Jumat (15/1/2021), berikut beberapa sumber karbohidrat lain selain nasi.

    Prostitusi Online Janda Diungkap di Banyuwangi, Muncikari: Bantu Cari Uang dan Atasi Kesepian

    1. Kentang

    Kentang sering diandalkan sebagai makanan pengganti nasi. Kedua makanan ini sama-sama mengandung karbohidrat, tetapi kentang memiliki lebih banyak nutrisi penting. Dalam satu kentang, terkandung vitamin B6, vitamin C, kalium, protein, omega-3, dan zat besi.

    Selain itu, kentang juga memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Konsumsi kentang juga bisa memberi rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan. Hal itu bisa mengontrol berat badan, bahkan menurunkan berat badan.

    1. Jagung

    Anda juga bisa mengganti nasi dengan jagung. Makanan ini ternyata juga bisa menyumbang sejumlah nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Jagung memiliki kandungan vitamin B1, B3, B5 dan B9 (folat). Makanan pengganti nasi ini juga kaya akan kandungan serat, magnesium, vitamin C dan fosfor.

    1. Ubi

    Ada banyak cara untuk mengolah makanan yang satu ini jadi pengganti nasi. Anda bisa merebus, mengkkus atau menggoreng ubi. Ubi juga bisa dicampur dengan bahan makanan lainnya. Ada beragam nutrisi dalam ubi, mulai dari beta karoten, vitamin A, B6, C, kalium dan serat yang tinggi.

    Dengan beragam nutrisi tersebut, ubi bisa membantu menjaga kesehatan tulang, metabolisme, hingga kesehatan jantung.

    Zona Merah Bertambah, Gubernur Jatim Tambah 4 Daerah Terapkan PPKM

    1. Singkong

    Tidak sulit untuk mendapatkan singkong. Selain memiliki rasa yang enak, singkong juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Kandungan gizi yang ada pada singkong mirip dengan kentang. Namun, singkong mengandung zat kimia glikosida sianogen yang dapat melepaskan sianida dalam tubuh.

    Agar lebih aman pastikan untuk membersihkan singkong dengan benar sebelum dikonsumsi. Hal ini penting untuk mencegah keracunan sianida.

    1. Oats

    Biji-bijian seperti oats yang terbuat dari gandum utuh, kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan. Oats mentah mengandung 66% karbohidrat dan 11% diantaranya adalah serat.

    Berbeda dari nasi yang tidak dianjurkan untuk penderita diabetes, oats dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol di tubuh. Hal ini menjadikan oats sebagai makanan pengganti nasi yang sehat.

    Covid-19 Gejala Ringan, Begini Tips Tetap Aman Isolasi Mandiri di Rumah



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.