Libatkan Ribuan Warga, Program Merdeka Heppiii Sukses Digelar di Madiun, Ponorogo, & Magetan

Program Merdeka Heppiii yang digelar sejak awal hingga akhir Agustus 2022 menjadi momen kebangkitan UMKM tingkat desa.

Libatkan Ribuan Warga, Program Merdeka Heppiii Sukses Digelar di Madiun, Ponorogo, & Magetan Salah satu kegiatan Meredeka Heppiii diisi dengan sejumlah kegiatan menarik di desa-desa. (istimewa)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Program Merdeka Heppiii yang digelar sejak awal hingga akhir Agustus 2022 menjadi momen kebangkitan UMKM tingkat desa. Tercatat ada 25 desa yang tergabung dalam Heppiii Community Madiun, Ponorogo, dan Magetan yang menggelar kegiatan ini.

     

    Program Merdeka Heppiii di wilayah Madiun dan sekitarnya ini digelar dengan berbagai kegiatan yang memberikan ruang bagi UMKM untuk turut menggelar lapak dagangan mereka di lokasi.

     

    Berbagai kegiatan itu seperti karnaval, hiburan rakyat musik dangdut, penampilan kesenian tradisional, hingga berbagai lomba yang menggerakkan ribuan warga. Kedatangan ribuan warga ini membawa berkah tersendiri bagi UMKM.

     

    Seperti di Desa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan ini, ada acara selama seharian full yang dihadiri ribuan warga sekitar. Sejak pagi, warga sudah berduyun-duyun mengikuti acara senam massal, lalu dilanjutkan dengan jalan sehat. Selama acara tersebut juga diisi dengan hiburan rakyat seperti musik dangdut.

     

    "Kemarin kami membagikan sekitar 3.000-an kupon untuk warga kami, di sana banyak berjualan pedagang-pedagang kecil, jadi selama acara ini, bisa membantu untuk warga buka warung dan lapak," jelas Priyo Sutanto selaku wakil Ketua Karang Taruna Baleasri, Kamis (15/9/2022).

     

    Baca Juga: Tekan Angka Inflasi, Pemkot Madiun Beri Ribuan Murid SD & SMP Seragam Gratis dan Ongkos Jahit

     

    Dalam acara ini juga diisi dengan berbagai doorprize menarik untuk warga, seperti peralatan rumah tangga, dari kipas angin, setrika, rice cooker, ada juga hadiah peralatan pertanian dan lain sebagainya. Untuk hadiah utama juga cukup besar, yakni lima ekor kambing.

     

    Keseruan yang sama juga tersaji di Karta Dasa Mulyo Desa Candimulyo, Kabupaten Madiun. Berbagai acara yang digelar juga memberikan ruang bagi pelaku UMKM setempat untuk membuka dagangannya.

     

    Ketua Karta Dasa Mulyo, Muhammad Ali Akbar, mengatakan rangkaian acara di desanya digelar selama tujuh hari. Ada berbagai keseruan yang digelar, seperti malam tirakatan, karnaval serta lomba-lomba yang membuat kebersamaan warga makin terjalin.

     

    Baca Juga: 2 Orang Ditetapkan sebagai Tersangka Kasus Penganiayaan Santri Pondok Gontor

     

    "Kami juga memberikan hadiah menarik untuk kebutuhan rumah tangga seperti kompor gas, kipas angin, serta buku untuk anak-anak. Ada juga hadiah utama berupa dua ekor kambing," jelasnya.

     

    Koordinator Heppiii Community Madiun, Tri Prasetyanto, sangat mengapresiasi semua desa yang ikut program Merdeka Heppiii. Kegiatan dengan melibatkan ribuan warga ini digelar setelah tahun lalu ada pandemi Covid-19, sehingga saat itu hanya lebih ke perbaikan fasilitas umum (fasum) seperti pengecatan gapura, pos ronda warga, dan tempat ibadah.

     

    "Tahun ini ada banyak kegiatan yang digelar sepanjang Agustus 2022 di Madiun, Magetan, Ponorogo. Dari kegiatan itu banyak memunculkan dampak positif untuk masyarakat langsung, seperti menjalin kerukunan sampai dengan ikut membantu UMKM warga sekitar," jelasnya.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.