Madagaskar Pulau Tertua di Dunia. Penghuni Pertamanya Masyarakat Nusantara

Madagaskar merupakan pulau tertua di dunia yang kini jadi negara.

Madagaskar Pulau Tertua di Dunia. Penghuni Pertamanya Masyarakat Nusantara Pulau Madagaskar. (Instagram/@Geo.rof)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Pulau Madagaskar terletak di Samudera Hindia, sebelah tenggara benua Afrika. Pulau ini menjadi pulau tertua di dunia setelah 80-100 juta tahun lalu terpisah dari anak benua India.

    Awalnya India dan Madagaskar merupakan satu wilayah yang terpisah dari benua Afrika. India kemudian terpisah dari Madagaskar dan berlanjut menghantam benua Asia hingga jadilah seperti sekarang ini.

    Cantiknya Cangkir Bambu Buatan Pengrajin Bambu Ponorogo

    Dikutip dari akun Instagram @Geo.rof, pulau Madagaskar tercatat di Guinness World Record sebagai pulau tertua di dunia. Dengan luas 587.041 km persegi, Madagaskar juga menyandang gelar pulau terbesar keempat di dunia.

    Akibat isolasi ratusan juta tahun, pulau Madagaskar memilik kekayaan flora dan fauna serta memiliki spesies khas endemik tersendiri.

    Kreatif! Siswa SD Ubah Lumpur Lapindo Jadi Sabun Antibakteri

    Penghuni pertama pulau Madagaskar berasal dari Nusantara, khususnya dari Kalimantan Selatan (suku Banjar). Hal ini diperkirakan akibat hubungan dagang masyarakat Nusantara ke pantai timur Afrika pada awal-awal tahun Masehi.

    Kini Madagaskar menjadi pulau sekaligus negara, yang dihuni oleh 26.969.306 jiwa. Ibu Kota  Madagaskar adalah Antananarivo.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.