Masker N95 Bisa Dipakai Ulang Setelah Dibersihkan dengan.....Rice Cooker!

Masker N95 bisa dipakai ulang setelah dibersihkan dan disterilisasi ulang menggunakan rice cooker.

Masker N95 Bisa Dipakai Ulang Setelah Dibersihkan dengan.....Rice Cooker! Masker N95. (news.mit.edu)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Masker N95 dinilai menjadi masker paling aman menangkal penyebaran Covid-19 karena kerapatannya. Sayangnya, masker ini hanya sekali pakai. Eittss..tunggu dulu.

    Ternyata, ada temuan terbaru yang menyebutkan masker N95 bekas bisa digunakan ulang setelah dibersihkan menggunakan rice cooker. Ya, dengan penanak nasi!

    Seperti dikutip dari liputan6.com, para peneliti di University of Illinois, Urbana-Champaign, menemukan bahwa memanaskan masker N95 di dalam pemasak nasi elektrik selama lima puluh menit dapat membunuh virus, termasuk virus corona.

    Menurut sebuah video yang dipublikasikan oleh para ilmuwan tentang cara mendisinfeksi dengan benar menggunakan rice cooker, Anda harus membiarkan penanak nasi elektrik memanas selama lima menit hingga mencapai suhu 175 derajat Celsius sebelum meletakkan handuk di dalam panci untuk melapisi bagian dalam. Karena panas dapat melelehkan masker Anda.

    Bukti Covid-19 Menyebar lewat Udara Semakin Kuat, Jangan Lepas Masker Lur

    Tempelkan respirator N95 Anda ke dalam panci dan biarkan masker berada di dalam selama 50 menit. Setelah masa itu, para peneliti menemukan bahwa respirator sudah disterilkan, aman digunakan, dan tidak rusak oleh panas.

    Cara Baru

    Peneliti juga menemukan bahwa respirator N95 dapat dibersihkan ulang dengan menggunakan kompor hingga 20 kali dan tetap mempertahankan kemampuan filtrasinya.

    Saat ini masker N95 adalah APD krusial bagi pekerja garis depan, karena masker N95 paling melindungi mereka dari virus dibanding jenis masker lainnya.

    Tidak seperti masker kain yang utamanya mencegah Anda menyebarkan virus ke orang lain atau masker bedah yang melindungi Anda dari tetesan dan cipratan besar, respirator N95 menutup rapat di sekitar hidung dan menyaring partikel kecil.

    Perhatikan! Pakai Masker Lebih Penting dari Pelindung Wajah

    Kekurangan APD di seluruh AS telah memaksa beberapa petugas kesehatan untuk menggunakan kembali respirator N95 dan menemukan cara kreatif untuk membuatnya tahan lama.

    Metode membersihkan masker N95 dengan pemasak nasi ini adalah cara baru yang dapat digunakan oleh para pekerja garis depan dengan aman, tanpa harus mengurangi efektivitasnya



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.