Mengantuk setelah Makan, Ternyata Inilah Penyebabnya

Rasa mengantuk yang muncul setelah makan wajar dialami oleh setiap orang. Ada beberapa penyebab yang mendasarinya.

Mengantuk setelah Makan, Ternyata Inilah Penyebabnya Ilustrasi tidur. (bisnis.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Pernahkah Anda merasakan mengantuk setelah makan? Ternyata tidak sedikit orang yang mengalami masalah ini. Padahal tidur setelah makan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

    Rasa kantuk setelah makan merupakan salah satu respons tubuh terhadap perubahan kimia yang disebabkan oleh pencernaan. Hal ini normal terjadi pada setiap orang.

    Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut penyebab rasa kantuk muncul setelah makan dikutip dari halodoc.com, Rabu (14/10/2020):

    Cokelat Tempe, Olahan Unik Tempe yang Jadi Makanan Khas Ngawi

    1. Alasan pencernaan dan hormon

    Energi dibutuhkan tubuh untuk melakukan fungsinya, dan energi ini diperoleh melalui makanan. Tubuh kemudian memecah zat gizi dari makanan dalam sistem pencernaan untuk dijadikan glukosa yang kemudian diubah menjadi energi.

    Setelah makan, tubuh melepaskan hormon, di antaranya hormon amylin, glucagon, dan kolesistokinin. Hormon-hormon ini berfungsi untuk meningkatkan kadar gula darah, membuat perasaan kenyang dan untuk memproduksi insulin yang akan dilarikan ke dalam sel untuk menyediakan energi pada sel.

    1. Jenis makanan yang dikonsumsi

    Tubuh mencerna  semua makanan dengan cara yang sama, tetapi makanan memengaruhi tubuh secara berbeda. Beberapa makanan dapat membuat Anda mengantuk dibandingkan dengan makanan lain.

    Makanan yang mengandung protein tinggi, seperti daging, ayam, telur ikan, bayam, tahu, keju,dan kedelai mengandung asam amino triptofan. Asam amino inilah yang digunakan oleh tubuh untuk memproduksi serotonin yang bertanggung jawab atas rasa kantuk. Di samping itu, makanan yang mengandung karbohidrat juga membantu otak memproduksi serotonin dan membuat asam amino triptofan tersedia di otak.

    Viral! Video Tak Senonoh Sejoli Bercumbu di Taman Kota Ponorogo

    1. Kebiasaan tidur

    Kebiasaan tidur malam hari yang buruk juga bisa menjadi penyebab Anda mengantuk setelah makan. Setelah makan, tubuh merasa kenyang dan relaks, sehingga membuat tubuh terasa sedang beristirahat dan kantuk pun melanda. Apalagi jika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup pada malam sebelumnya. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya Anda memperbaiki pola tidur dan menghindari stres.

    1. Kondisi kesehatan

    Apabila Anda sering mengantuk dan ingin tidur setiap kali sehabis makan, bisa jadi hal itu merupakan tanda-tanda dari penyakit tertentu. Di antaranya adalah penyakit celiac, anemia, intoleransi makan, alergi, sleep apnea, dan tiroid yang kurang aktif. Rasa kantuk setelah makan juga dapat menjadi tanda Anda sedang kekurangan zat gizi tertentu.

    Sempat Tepergok Warga, Pasangan Kekasih Tetap Lanjut Bercumbu di Atas Motor

     

     



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.