Meninggal Dunia, Begini Wajah Pengisi Suara Doraemon yang Ternyata Perempuan

Pengisi suara Doraemon, Nurhasanah, meninggal dunia.

Meninggal Dunia, Begini Wajah Pengisi Suara Doraemon yang Ternyata Perempuan Pengisi suara Doraemon, Nurhasanah (kanan). (istimewa/detik.com)

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Siapa dari kita yang tidak kenal film kartun asal Jepang Doraemon? Film dengan tokoh utama robot kucing dari masa depan yang membawa alat-alat canggih di kantong ajaibnya ini memang akrab di telinga kita. Jangankan anak-anak, orang dewasa juga banyak yang tahu kartun ini lantaran sudah tayang sejak lebih dari 20 tahun lalu.

    Doraemon digambarkan sebagai robot kucing berjenis kelamin jantan. Sedangkan adiknya, Dorami, adalah robot kucing berjenis kelamin betina. Banyak dari kita yang mengira pengisi suara Doraemon adalah seorang pria. Nyatanya, pengisi suara alias dubber Doraemon adalah seorang perempuan. Dia bernama Nurhasanah.

    Wanita berkerudung itu kini telah meninggalkan kita semua. Ia meninggal dunia pada Minggu (12/7/2020). Kabar duka ini disampaikan Bima Sakti yang merupakan dubber Giant, Minggu.

    Waspada Kejahatan, Dua Rumah di Surabaya Dibobol Maling

    "Innalillaahi wainnailaihi roji'uun. Setelah kepergian Is Andespa [dubber Giant pertama], Hamdani Hasni (dubber Suneo pertama), Prabawati Sukarta [dubber Shizuka pertama] kini baru saja menyusul Nurhasanah [dubber Doraemon kedua]" ujar Bima Sakti, seperti dikutip dari detik.com.

    Nurhasanah meninggal setelah diserang sakit stroke yang diidapnya sejak Desember 2017. "Iya sakit stroke semenjak Desember 2017, karena komplikasi jantung," sahut Bima.

    Komplikasi

    Dijelaskan Bima, sebelum terkena stroke, kesehatan pengisi suara Doraemon sempat drop karena mengidap jantung. "Kalau sakitnya itu mulai drop awalnya jantung tahun 2017. Itu kena serangan jantung, setelahnya dipasang ring. Beberapa hari kemudian beliau kena stroke," tutur Bima.

    Wilayah Zona Hijau Boleh Laksanakan KBM Secara Tatap Muka, Tapi..

    "Lumayan parah strokenya sampai agak miring mulutnya pada saat itu. Jadi agak ngeces terus gitu, beliau langsung sakit sempat di rawat abis itu menjalani terapi di 2017.

    Pertemuan terakhir Bima dengan Nurhasanah pada Maret 2020 sebelum PSBB. Saat itu, Nurhasanah disebut masuk ke rumah sakit lagi.

    "Kemarin terakhir mungkin pengaruh juga entah apa makin lama makin drop, karena lagi suasana Covid-19 juga. Terakhir kondisinya itu sudah kadang sadar kadang enggak. Dapat info dari pihak keluarga gitu," ungkap Bima.

    Positif Covid-19, 61 Orang di Ponpes Gontor Diisolasi

    "Karena kami terakhir itu pada saat pandemi sebelum PSBB di bulan Maret itu beliau masuk RS lagi. Nah semenjal itu pas pulang kita nggak pernah ketemu lagi," tutup Bima.

    Nurhasanah menjadi pengisi suara Doraemon di generasi pertama menggantikan Anita Riyadi. Nurhasanah bergabung menjadi pengisi suara di animasi ini sejak 1993. Nurhasanah sudah berhenti mengisi suara Doraemon sejak sakit pertama kali pada 2017.

    Kepergian Nurhasanah menambah duka setelah sebelumnya, pengisi suara Shizuka generasi pertama, Prabawati Sukarta, meninggal dunia pada pertengahan Juni 2020.

    Kegiatan Rutin Bulanan Gebyak Reyog Ponorogo Kembali Digelar



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.