Minum Urine Sapi, Pengobatan Herbal Ala India Yang Ternyata Kaya Khasiat

India mengenal pengobatan herbal dengan meminum urine sapi yang diyakini memberi banyak khasiat bagi kesehatan.

Minum Urine Sapi, Pengobatan Herbal Ala India Yang Ternyata Kaya Khasiat Urine sapi dipercaya berkhasiat membunuh bakteri dalam tubuh. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Pernahkah Anda meminum urine sapi? Membayangkannya saja mungkin kita jijik. Tapi, di India meminum air kencing sapi ini menjadi salah satu metode pengobatan herbal. Bahkan salah satu aktor Bollywood, Akshay Kumar, rutin minum urine untuk kesehatan.

    Pengobatan herbal ala India menjadi alasan aktor Bollywood Akshay Kumar rutin minum urine sapi. Meski terkesan jorok tapi urine sapi punya manfaat sehat untuk perkuat sistem imun.

    Dilansir dari Boldsky yang dikutip detik.com, masyarakat India mengenal sistem pengobatan herbal Ayurveda yang diandalkan sebagai metode pengobatan segala jenis penyakit. Salah satu pengobatan yang terkenal yakni mengonsumsi urine sapi secara rutin. Sejak zaman kuno, urine sapi menjadi bagian penting dari tradisi India karena dipercaya memberi manfaat kesehatan.

    Viral Tubuh Warga Indramayu Bersisik, Sebenarnya Penyakit Apa?

    Bukan hanya mitos, para peneliti bahkan sudah melakukan serangkaian tes dan penelitian soal urine sapi dan menemukan hasil yang menakjubkan. Namun konsumsi urine sapi tidak bisa sembarangan karena ada batas porsi yang tak boleh diabaikan. Sebelum mulai konsumsi urine sapi, sebaiknya konsultasi dulu dengan ahli nutrisi supaya tidak menjadi bahaya.

    Berikut beberapa manfaat minum urin sapi secara rutin.

    1. Urin sapi bersifat antibakteri

    Urine sapi memiliki aktivitas antibakteri. Ketika dikonsumsi, urine sapi akan bereaksi terhadap berbagai jenis bakteri termasuk E. coli, Salmonella typhi, S. aureus, Staphylococcus epidermidis, Pseudomonas aeruginosa, Streptococcus pyogenes dan masih banyak lagi. Urine sapi melawan efek negatif yang ditimbulkan dari berbagai bakteri ini.

    Tak heran kalau kandungan urine sapi kerap kali ditemukan pada beberapa obat antibakteri seperti ofloxacin dan ampicillin. Urine sapi juga efektif melawan beberapa bakteri yang kebal obat. Dalam beberapa kasus, orang-orang India juga mengonsumsi urine sapi untuk mencegah paparan virus corona.

    Syarat Adat Tidak Dipenuhi, Pengantin Ini Alami Kesurupan

    Urine sapi juga memiliki sifat antioksidan yang terkandung dalam allantoin. Senyawa ini membantu membersihkan radikal bebas penyebab timbulnya berbagai penyakit. Meskipun punya banyak khasiat, tetapi efeknya akan berbeda pada setiap orang jadi jangan asal minum urine sapi.

    2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Buku-buku kuno yang berkaitan dengan Ayurveda menyatakan bahwa konsumsi urine sapi setiap hari meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit sebesar 104 persen. Urine sapi juga membantu meningkatkan respons kekebalan sistem kekebalan tubuh.

    Urine sapi juga tercatat memiliki sifat antiinflamasi yang membantu meredakan rasa sakit sekaligus mengobati luka dengan lebih cepat.

    Sebuah penelitian mengungkap urine sapi dengan efektif memperbaiki kontraksi luka serta meningkatkan pembentukan jaringan pada luka sehingga lebih mudah sembuh. Penelitian ini dilakukan pada tikus, butuh studi lebih lanjut untuk membuktikan tingkat efektivitas urine sapi untuk penyembuhan luka pada manusia.

    3. Ampuh mencegah diabetes dan kanker

    Urine sapi memiliki efek antidiabetes. Dalam sebuah penelitian menunjukkan penurunan kadar gula darah yang signifikan, meskipun penurunannya lebih kecil dari glyburide (obat diabetes). Dari penelitian juga disimpulkan bahwa urine sapi tidak menunjukkan adanya toksisitas walaupun diberikan berkali-kali.

    Pernah Mengalami Ketindihan? Berikut Fakta dan Mitos Seputar Ketindihan

    Antioksidan pada urine sapi juga diketahui bertanggung jawab untuk aktivitas antikanker. Konsumsi urine sapi mengurangi kerusakan oksidatif dan mencegah proliferasi sel. Hal ini juga berpengaruh pada kekebalan yang baik untuk pencegahan penyakit kronis seperti kanker.

    4. Bersifat sebagai obat cacing

    Urine sapi memiliki kandungan anthelmintik yang membantu menghilangkan parasit usus pada manusia. Zat alami tersebut lebih efektif dibandingkan dengan piperazine citrate, obat yang umumnya digunakan untuk mengobati infeksi cacing.

    Meskipun terkesan jorok dan menjijikan, urine sapi membantu membasmi cacing pita atau parasit cacing gelang usus lainnya. Urine sapi bahkan secara tradisional membantu mengobati efek keracunan dan menetralkan racun.

    Dalam buku pengobatan herbal Ayurveda, urine sapi punya efek antiracun. Ini menyatakan bahwa urine sapi membantu membunuh berbagai jenis racun. Di sini juga menyebutkan urine sapi bisa diandalkan untuk memurnikan bahan kimia beracun.

    Viral Video Ospek Daring Unesa, Netizen Malah Salfok Dengan Sosok Ini

    5. Kandungan urine sapi

    Menurut International Journal of Research, urine sapi mengandung senyawa seperti natrium, besi, mangan, klorin, silikon, magnesium, asam tartarat, kalsium, vitamin (A, B, C, D, E), laktosa, mineral, nitrogen, dan kreatinin.

    Urine sapi memang memiliki segudang manfaat tetapi bisa berbahaya bila digunakan dalam formulasi yang salah. Urine sapi diketahui untuk meningkatkan keefektifan obat atau ramuan, tetapi bisa berbahaya bila digunakan sebagai bahan utama. Jadi jangan pernah mencoba untuk mengonsumi urine sapi secara sembarangan.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.