Viral Tubuh Warga Indramayu Bersisik, Sebenarnya Penyakit Apa?

Awal mula warga Indramayu Mohammad Andi terkena penyakit tersebut akibat kecelakaan pada Juni 2020 lalu. Setelah itu, badannya bersisik, lumpuh, mengeluarkan nanah, dan berbau sangat amis.

Viral Tubuh Warga Indramayu Bersisik, Sebenarnya Penyakit Apa? Penyakit kulit Eritroderma menyiksa tubuh Muhammad Andi, Senin (15/9/2020). (Instagram-@ndorobeii)

    Madiunpos.com, INDRAMAYU —Mohammad Andi, 26, warga Limpas, Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, tengah mendapat sorotan akibat menderita penyakit aneh. Seluruh kulit di badannya terkelupas sehingga terlihat seperti dipenuhi sisik.

    Kisah pilu Andi ini seketika menjadi viral setelah di unggah oleh akun Instagram @ndorobeii. Berdasarkan informasi yang tertulis di caption @ndorobeii, awal mula ia terkena penyakit tersebut akibat kecelakaan pada Juni 2020 lalu. Setelah itu, badannya bersisik, lumpuh, mengeluarkan nanah dan berbau sangat amis.

    Akibat dari bau amis nanah itu sampai mengundang lalat. Andi juga mengaku seluruh tubuhnya gatal dan seperti terbakar.

    Ini Seragam Baru Satpam, Warnanya Cokelat Mirip Polisi

    Sebagaimana dikutip dari Suara.com, menurut Tarya, 33, penyakit yang diderita Andi adalah eritroderma. “Kata dokter penyakitnya itu eritroderma, jadi penyakit kulit begitu. Katanya kalau tidak segera ditangani bisa menimbulkan kematian,” jelas Kakak Mohammad Andi, Tarya.

    Dikutip dari Alodokter, eritroderma adalah kelainan kulit yang ditandai dengan adanya eritema [kemerahan] menyeluruh yang mencakup 90 persen permukaan tubuh.

    Awalnya gejala akan muncul di kulit pada area kemaluan, alat gerak, atau kepala akan memerah, kemudian meluas ke bagian tubuh lain. Setelah 2-6 hari akan muncul skuama [kulit yang mengelupas] mulai dari area lipatan tubuh dan meluas ke area lainnya.

    Hiii...Serem! Seorang Pemuda di Jombang Dikabarkan Hilang Diculik Wewe Gombel

     

    Pernah Dirawat

    Dikutip dari Instagram @ndorobeii, pasien Andi, 26, asal Limpas, Indramayu tersebut sebenarnya sudah pernah ditangani oleh tim medis Puskesmas Patrol pada Sabtu (5/9/2020). Saat itu, posisi pasien berada di kediaman kakaknya di Desa Arjasari.

    Perawatan selanjutnya diketahui pada Senin (7/9/2020) Andi dirujuk dengan fasilitas ambulans Puskesmas Patrol, kemudian pasien dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indramayu.

    Selama di rawat pasien ditangani oleh dokter spesialis kulit dan spesialis penyakit dalam dan sudah dikabarkan pulang ke rumah pada Sabtu (12/9/2020). Saat perawatan ketiga tersebut Andi sudah membaik.

    Kabareskrim Ancam Pidanakan Peserta Pilkada yang Abaikan Protokol Kesehatan

    Ditegaskan pula pembiayaan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Penerima Bantuan Iuran (PBI), sehingga rujukan selanjutnya akan difasilitasi oleh Puskesmas Patrol.

    Beruntung, setelah viral di media sosial, pemerintah setempat tanggap. Diceritakan Tarya, adiknya langsung ditangani dan dijemput untuk dirawat di RSUD Indramayu.

    Kini kondisi kesehatan Mohammad Andi telah berangsur membaik. Sisik yang ditimbulkan oleh kulitnya yang mengelupas sudah hilang.

    Leonel Messi Jadi Pesepak bola Terkaya di Dunia, Segini Pendapatannya

     

    Menyiksa

    Namun, diakui Mohammad Andi, ia masih merasa gatal di seluruh tubuhnya walau kini sudah tidak lagi mengeluarkan nanah.

    Tarya mengatakan penyakit yang diderita adiknya itu berawal saat ia mengalami kecelakaan motor pada Juni 2020 lalu. Namun, pada bulan berikutnya mulai muncul gejala seperti bintik-bintik lalu membengkak hingga terakhir mengeluarkan nanah. Karena penyakitnya semakin parah dan tidak ada yang mengurus, Tarya kemudian merawat adik bungsunya itu di kediamannya.

    Penyakit Andi ini terus berulang-ulang dan menyiksa tubuh Andi, meskipun pihak keluarga telah berusaha sedemkian rupa untuk kesembuhan Andi dengan memandikannya dengan sabun anti bakteri yang mahal sampai memberinya salep lalu berjemur di bawah matahari. Namun penyakit tersebut masih belum sepenuhnya sembuh total.

    Lingga Patok Diduga Peninggalan Mataram Kuno Ditemukan di Lahan Tebu di Klaten



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.