MUDIK LEBARAN 2016 : Pemudik Peserta BPJS Bisa Berobat Di Mana Saja

MUDIK LEBARAN 2016 : Pemudik Peserta BPJS Bisa Berobat Di Mana Saja Kepala BPJS Cabang Madiun, Yessi Kumalasari, saat memberikan keterangan kepada wartawan mengenai program BPJS selama Lebaran, Rabu (29/6/2016). (JIBI/Istimewa)

    Mudik Lebaran 2016, pemudik yang menjadi peserta BPJS bisa berobat di rumah sakit mana saja selama Lebaran.

    Madiunpos.com, MADIUN — Pemudik yang akan melakukan perjalanan menuju kampung halaman kini bisa bernapas lega. Hal ini karena pelayanan kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan bisa dimanfaatkan di seluruh daerah tujuan tanpa prosedur yang rumit.

    Kepala BPJS Cabang Madiun, Yessi Kumalasari, mengatakan di wilayah Madiun BPJS bekerjasama dengan rumah sakit pemerintah dan swasta yang bisa dimanfaatkan pemudik. Bagi seluruh peserta JKN dan KIS yang sedang mudik dapat langsung berobat di luar wilayah.

    Pemudik yang menjadi peserta JKN/KIS ketika sakit di kampung halaman bisa langsung mengunjungi IGD di rumah sakit terdekat yang ditunjuk BPJS. Dalam mendapatkan perawatan itu, hanya satu syaratnya yaitu pemudik harus membawa kartu JKN KIS, kartu BPJS Kesehatan, kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat, atau kartu Jamkesmas.

    Yessi menyampaikan kebijakan pelayanan kesehatan dalam menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2016 ini berlaku mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. “Selama mudik ketika peserta JKN-KIS dalam kondisi sakit bisa langsung menuju ke rumah sakit untuk mendapat perawatan, tentunya dengan menunjukkan kartu BPJS, KIS, atau kartu kesehatan lain,” kata dia saat memberikan keterangan kepada wartawan di kantor BPJS Cabang Madiun, Rabu (29/6/2016).

    Yessi menambahkan pelayanan BPJS Kesehatan juga dioptimalkan pada saat hari raya Idul Fitri nanti. Hal itu dibuktikan dengan penyediaan pos mudik di lima titik padat pemudik se-Indonesia, yaitu pelabuhan Merak Banten, terminal Kampung Rambutan Jakarta, terminal Purabaya Surabaya, pelabuhan Gilimanuk Bali, dan pelabuhan Soekarno Hatta Makasar.

    Sementara itu, Direktur RSUD dr. Soedomo Madiun, Kohar, mengatakan pihaknya telah menyiapkan tenaga medis khususnya UGD untuk memberikan pelayanan bagi pemudik.



    Editor : Ahmad Mufid Aryono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.