Mulai Menghentikan Mual Hingga Mencegah Kanker, Berikut Sederet Manfaat Jahe

Jahe sebagai tumbuhan alami yang memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Mulai Menghentikan Mual Hingga Mencegah Kanker, Berikut Sederet Manfaat Jahe Salah satu jenis tanaman obat-obatan ini memiliki manfaat mencegah kanker. (liputan6.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Jahe adalah salah satu tumbuhan alami yang memiliki beragam khasiat dan biasa digunakan untuk berbagai pengobatan tradisional. Kandungan antioksidan yang ada pada jahe bisa menjadi makanan pokok bagi Anda yang ingin hidup sehat.

    Selain antioksidan, kandungan lain yang ada pada jahe antara lain protein, minyak atsiri, vitamin C, silikon, mangan, besi dan fosfor. Jahe biasa dikonsumsi pada saat mentah. Selain itu juga bisa digiling menjadi teh dan ditambahkan ke masakan sebagai penyedap.

    Lalu manfaat apa yang Anda dapat dari mengkonsumsi jahe? Seperti dikutip dari liputan6.com, Sabtu (29/8/2020), berikut 8 manfaat dari mengkonsumsi jahe

    1. Membantu mengurangi sindrom iritasi usus besar dan gangguan pencernaan kronis

    Jahe dipercaya bisa mempercepat pengosongan lambung untuk mengobati gangguan pencernaan. Jahe juga dapat meredakan mual dan menenangkan peradangan perut.

    2. Jahe adalah pereda nyeri alami

    Sifat anti peradang yang dimiliki oleh jahe dapat membantu menenangkan sendi yang kaku, otot yang sakit bahkan dapat meredakan gejala artritis dan osteoarthritis. Jika Anda sering mengalami sakit kepala, oleskan jahe yang telah dihancurkan dan masukkan ke dalam air hangat lalu oleskan ke dahi.

    3. Melindungi dari penyakit Alzheimer

    Penyakit Alzheimer adalah penyakit otak yang dapat mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap. Jahe dapat mencegah hilangnya sel-sel otak yang biasanya merupakan efek pertama dari penyakit ini.

    4. Menghentikan mual

    Selain dapat diminum pada saat Anda mabuk perjalanan jarak jauh, jahe juga dapat meredakan muntah dan mual pada pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi serta morning sickness pada ibu hamil.

    5. Membantu membersihkan sinus

    Jahe mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi sinus berfungsi untuk melepaskan sumbatan dan meningkatkan drainase.

    6. Membantu mencegah kanker

    Jahe dapat membantu mencegah kanker juga dapat mengobati kanker termasuk kanker prostat dan ovarium.

    7. Mengobati kram pada saat menstruasi

    Jahe terbukti dalam meredakan kram yang timbul akibat menstruasi. Konsumsilah jahe 3 hari sebelum Anda menstruasi maka dapat mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi.

    8. Menurunkan resiko penyakit jantung

    Meskipun penelitian baru menemukan bahwa bubuk jahe dapat menurunkan gula darah sebesar 12 persen tetapi masih diperlukan klaim yang mendukung.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.