Gelar Bersih Desa, Wujud Syukur Warga Desa Tiron Madiun Meski Pandemi Masih Melanda

 Acara bersih desa di Desa Tiron, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun yang tetap berlangsung meriah di tengah Pandemi Covid-19

Gelar Bersih Desa, Wujud Syukur Warga Desa Tiron Madiun Meski Pandemi Masih Melanda Puluhan tumpeng yang dibawa warga untuk dibagikan dan dimakan bersama-bersama. (Madiunpos.com/Istimewa)

    Madiunpos.com, MADIUN – Bulan Muharram atau juga disebut Bulan Sura bagi masyarakat Jawa dianggap bulan yang sakral. Bermacam tradisi diselenggarakan untuk memperingati datangnya bulan ini. Salah satunya tradisi bersih desa.

    Tradisi bersih desa itu sendiri adalah bentuk rasa syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kesejahteraan dan kesehatan yang telah diberikan kepada warga di desa tersebut. Wujud rasa syukur itu diwujudkan dengan cara membersihkan makam leluhur di desa tersebut dan kemudian dilanjutkan dengan acara tumpengan.

    Hal itu juga dilakukan oleh warga Desa Tiron, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun. Memperingati datangnya Bulan Sura, warga Desa Tiron melaksanakan tradisi bersih desa yang dilaksanakan di Punden Dusun Jogobayan, Jumat (29/8/2020). Pada malam sebelumnya, warga membersihkan makam leluhur di desa tersebut. Kemudian dilanjutkan esoknya digelar acara tumpengan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    Mantap! Dua Pesawat Tempur F-16 Milik TNI AU Semakin Canggih Setelah Upgrade

    Tradisi yang diadakan setiap tahun ini mendapat sambutan meriah dari warga meski digelar di tengah pandemi Covid-19. Mereka membawa tumpeng masing-masing untuk dibagikan dan dimakan bersama–sama. Acara ini juga dimeriahkan dengan sejumlah kembang api yang dinyalakan bersamaan untuk menambah semarak acara.

    Bersih desa ini berlangsung tertib dan meriah. Warga merasa senang karena acara bersih desa ini masih bisa dilakukan walau keadaannya seperti saat ini. "Alhamdullilah acaranya berjalan lancar dan tertib. Warga tetap dapat merasakan kemeriahan bersih desa ini,” ujar salah satu Ketua RT, Marsudi Saputro, saat ditemui madiunpos.com, Jum’at.

    Lebih Meriah

    Acara ini juga dihadiri Kepala Desa Tiron, Retno Setiowati, beserta jajarannya. Di tengah pandemi Covid- 19 yang masih terjadi, dia juga berharap agar pandemi ini segera berakhir dan ke depannya tradisi bersih desa bisa dilaksanakan lebih meriah lagi.

    Kota Madiun dan Kabupaten Madiun Kejar-Kejaran Soal Jumlah Kasus Covid-19

    “Kita sama- sama berdoa semoga tahun depan pandemi sudah tidak ada lagi dan bersih desa yang dilaksanakan lebih meriah,” ujar Kepala Desa Tiron saat memberikan sambutan.

    Dia juga berharap semoga di acara bersih desa tahun ini Desa Tiron semakin makmur dan semakin maju warga nya diberikan kesehatan agar bisa melaksanakan bersih desa di tahun depannya.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.