Nakes Positif Covid-19, Pelayanan di Puskesmas Patihan Dialihkan

Pelayanan di Puskesmas Patihan yang ada di Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, ditutup selama dua pekan.

Nakes Positif Covid-19, Pelayanan di Puskesmas Patihan Dialihkan Puskesmas Patihan, Kota Madiu. (vymaps.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Pelayanan di Puskesmas Patihan yang ada di Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, ditutup selama dua pekan. Untuk masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa beralih ke rumah sakit maupun Puskesmas yang lain.

    Puskesmas Patihan ditutup dan tidak menerima pelayanan kesehatan setelah ada satu tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut yang terkonfirmasi positif Covid-19. Satu tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu merupakan seorang dokter.

    Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan Puskesmas Patihan ditutup setelah ada satu dokternya yang positif Covid-19. Dokter berinisial NA itu merupakan warga Surabaya dan bekerja di Puskesmas Patihan serta tinggal di Sogaten.

    Belasan Rumah di Madiun Rusak Akibat Bentrokan Antar Kelompok Pesilat

    “Dokter ini didatangi ibunya yang dari Surabaya. Setelah dicek ternyata positif [Covid-19],” kata dia, Jumat (19/6/2020).

    Dia menyampaikan seluruh ruangan di Puskesmas Patihan langsung disemprot dengan cairan disinfektan. Sedangkan seluruh pegawai dan tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut juga diminta karantina selama 14 hari.

    Maidi menegaskan pemkot juga telah melakukan penyemprotan di titik-titik yang pada Kamis lalu menjadi pusat berkumpulnya orang. Hal ini karena, pada hari Kamis lalu ada ribuan orang dari berbagai daerah datang ke Kota Madiun untuk mengikuti jalannya persidangan di PN.

    Patah Tulang, Satu Korban Dalam Bentrokan Kelompok Pesilat di Madiun Masih Dirawat

    “Karena kemarin punya tamu sekian ribu orang. Maka dari itu, mulai pagi sampai nanti malam akan dilakukan penyemprotan sterilisasi di titik keramaian seperti di dekat pengadilan, padepokan, dan jalan-jalan,” ujar Maidi.

    Seperti diketahui, Seorang tenaga kesehatan di Puskesmas Patihan, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan adanya tambahan satu pasien ini, sehingga total pasien positif Covid-19 di Kota Madiun menjadi tujuh orang.

    Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Madiun, Noor Aflah, mengatakan ada satu tambahan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis (18/6/2020). Pasien positif ini seorang laki-laki berinisial NA berusia 23 tahun.

    Masuki Kota Madiun, Ribuan Pesilat PSHT Langsung Diminta Pulang Oleh Polisi

    “Pasien ini alamat sesuai KTP di Surabaya. Bekerja di Patihan [Puskesmas Patihan] dan berdomisili di Sogaten,” kata Aflah kepada wartawan.

    Tenaga kesehatan di Puskesmas Patihan ini diketahui terinfeksi Covid-19 setelah menjalani tes swab pertama pada Kamis ini. Ternyata hasil tes swab menunjukkan NA terkonfirmasi positif virus corona.

    Aflah menyampaikan pasien ini menjalani tes swab karena hasil rapid test-nya dinyatakan reaktif. NA mengikuti rapid test massal untuk tenaga keseharan yang diselenggarakan pada Selasa (16/6/2020).

    “Dalam rapid test massal itu, ada satu tenaga kesehatan yang reaktif. Yang reaktif ya tenaga kesehatan itu. Kemudian dilakukan tes swab dan hasilnya terkonfirmasi positif,” jelas dia yang menyebut saat ini NA sudah menjalani isolasi di RSUD dr. Soedono Madiun.

     

     



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.