Ngemil Makanan Manis Berdampak Buruk bagi Kesehatan, Ini Cara Menghentikannya

Makanan manis memang akan membuat beberapa orang kecanduan. Namun kebiasaan makan makanan manis berdampak buruk bagi kesehatan. Ada beberapa tips untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Ngemil Makanan Manis Berdampak Buruk bagi Kesehatan, Ini Cara Menghentikannya IIustrasi makanan manis. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Apakah Anda selalu terbayang-terbayang camilan dengan cita rasa manis? Makanan manis seperti donat atau kue pasti akan membuat Anda ingin menikmatinya.

    Makanan manis atau yang mengandung gula menjadi favorit banyak orang. Namun sayangnya makanan-makanan tersebut seringkali membuat kecanduan. Rasanya akan susah sekali untuk berhenti mengkonsumsinya.

    Kecanduan makanan atau minuman manis tersebut akan berdampak tidak baik untuk kesehatan jangka panjang. Terlalu banyak gula di dalam tubuh akan menekan pankreas untuk bekerja lebih keras. Selain obesitas, hal itu akhirnya menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

    20 Pegawai Positif Covid-19, PN Kota Malang Ditutup Sepekan

    Bagi Anda yang ingin mengurangi kebiasaan ngemil makanan manis, tips berikut bisa Anda lakukan. Melansir dari okezone.com, Selasa (15/14/2020), berikut cara menghentikan kebiasaan ngemil tersebut.

    1. Konsumsi makanan manis alami

    Mengkonsumsi makanan manis alami dan bukan makanan penutup yang terbuat dari gula olahan merupakan pilihan yang baik. Makan stroberi atau mangga yang tidak hanya menyehatkan tetapi juga akan memuaskan keinginan Anda. Anda juga bisa makan yogurt campur madu yang merupakan makanan manis yang cukup enak untuk dinikmati setelah makan besar.

    1. Sikat gigi setelah makan

    Jika Anda ingin mengurangi keinginan ngemil setelah makan, maka langkah terbaik adalah segera menyikat gigi. Rasa pasta gigi akan mengubah rasa mulut Anda dan rasa mint setelahnya akan membuat Anda tidak bisa makan apa pun.

    Vaksin Sinovac Tiongkok Ampuh Tangkal Covid-19? Ini Kata Vaksinolog

    1. Jauhkan diri Anda dari meja makan

    Meninggalkan meja segera setelah makan adalah alternatif lain yang dapat Anda coba untuk menghindari rasa ngemil. Segera bangun dari meja setelah Anda selesai makan untuk menghindari keinginan makan sesuatu yang manis.

    Anda bisa berjalan-jalan di teras atau hanya sekadar duduk-duduk di ruang tamu. Hal ini akan membantu Anda mengalihkan pikiran dan rasa ngidam akan hilang secara otomatis dalam beberapa menit.

    1. Makan secara seimbang

    Makan makanan yang tidak seimbang terutama terdiri dari makanan bertepung, dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Lonjakan gula darah ini berakhir tepat setelah makan, yang membuat Anda mendambakan gula.

    Maka dari itu, ada baiknya melakukan diet seimbang atau menggabungkan makanan bertepung dengan alternatif sehat lainnya untuk mencegah kenaikan gula darah ini

    Waduh, Kamera CCTV Milik BPPTKG di Puncak Gunung Merapi Rusak

    1. Makanan penutup porsi kecil

    Anda mungkin menghindari makanan penutup karena diet atau rencana olahraga yang ketat. Sering menjauhi gula dalam waktu lama membuat Anda mendambakan lebih banyak. Maka dari itu, lebih baik tetap memberi tubuh Anda makanan penutup dalam porsi kecil satu atau dua kali sepekan untuk mencegah keinginan yang kuat.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.