Pemkot Madiun Peroleh Kucuran DAK Rp208 Miliar

Pemkot Madiun Peroleh Kucuran DAK Rp208 Miliar Ilustrasi uang tunai rupiah (JIBI/Solopos/Antara)

    Pemkot Madiun mengantongi dana alokasi khusus (DAK) yang lebih tinggi daripada tahun 2015 lalu.

    Madiunpos.com, MADIUN — Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, mendapat kucuran dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat pada tahun 2016 sebesar Rp208 miliar.

    Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Daerah (Bappeda) Kota Madiun Totok Sugiharto mengatakan jumlah DAK tersebut meningkat jika dibandingkan tahun 2015 yang hanya seniai Rp49 miliar. "DAK tahun 2016 ada kenaikan, khususnya di bidang infrastruktur. Tujuannya, ya agar pembangunan bisa seiring, selaras, dan sejalan. Itu memang prioritas dari pusat," ujar Totok kepada wartawan di Madiun, Minggu (31/1/2016).

    Menurut dia, DAK 2016 sebesar Rp208 miliar tersebut terbagi untuk fisik reguler sebesar Rp23,8 miliar, infrastruktur publik daerah (IPD) sebesar Rp71,7 miliar, non fisik sebesar Rp113 miliar. Nantinya, dana tersebut akan digelontorkan ke tujuh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup pemerintahan daerah setempat, yakni Dinas Pekerjaan Umum (DPU); Dinas Kesehatan (Dinkes); RSUD Kota Madiun; Dinas Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga (Dikbudmudora); Dinas Pertanian (Disperta); Kantor Lingkungan Hidup (KLH); serta Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo).

    Ia menjelaskan, saat ini Pemkot Madiun sudah mengajukan usulan permintaan anggaran tersebut, namun masih tertahan di pemerintah pusat. Sedangkan terkait petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis DAK, sebagian belum ada. "Kalau Dinas PU sudah diplot untuk infrastruktur, sementara seperti Disperta belum ada. Dindik juga belum berani, karena petunjuk teknisnya belum turun dari pusat," kata dia.

    Totok menambahkan setiap SKPD yang mendapat jatah DAK tersebut diimbau berhati-hati dalam menggunakan anggaran agar sesuai aturan, sehingga tidak bermasalah dengan hukum.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
    KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.