Pendonoran Darah Massal Kolaborasi KITA Diganjar Dua Penghargaan Muri

Kolaborasi berbagai komunitas di Ponorogo, seperti karang taruna Heppiii Community, anak motor Bold Riders serta fans club bola sukses menggelar pendonoran darah di Kota Reog.

Pendonoran Darah Massal Kolaborasi KITA Diganjar Dua Penghargaan Muri Kolaborasi berbagai komunitas seperti karang taruna Heppiii Community, anak motor Bold Riders serta fans club bola menggelar pendonoran darah di Ponogoro belum lama ini. (Istimewa)

    Solopos.com, PONOROGO — Kolaborasi berbagai komunitas di Ponorogo, seperti karang taruna Heppiii Community, anak motor Bold Riders serta fans club bola sukses menggelar pendonoran darah di Kota Reog.

    Kegiatan yang mengambil tema Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini merupakan tahun ketiga setelah dua tahun mereka rutin menggelar donor di setiap desa.

    Panitia acara pendonoran darah, Pamungkas Setyo Wibowo mengatakan kegiatan yang berlangsung sejak awal hingga pertengahan November 2022 ini digelar secara bertahap di tiga lokasi berbeda, yakni Kantor Desa Kupuk, Kantor Desa Pulung, dan kantor PMI Kabupaten Ponorogo. Total ada puluhan kantong darah yang disumbangkan untuk PMI.

    "Antusiasme masyarakat sangat besar dalam kegiatan donor darah ini, namun karena harus mempertimbangkan stok darah dan faktor lainnya belum semua bisa donor. Namun kami tetap apresiasi dan berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada komunitas, masyarakat umum, serta PMI," ujarnya dalam rilis yang diterima Solopos.com, Senin (28/11/2022).

    Baca Juga: Pemuda Karang Taruna di Lamongan Ini Sukses Jadikan Sabut Kelapa Jadi Vas Bunga

     Para peserta mendaftar untuk mengikuti pendonoran darah di Ponogoro belum lama ini. (Istimewa)

    Para peserta mendaftar untuk mengikuti pendonoran darah di Ponogoro belum lama ini. (Istimewa)

    Dia juga menjelaskan, setelah ikut program pendonoran darah yang digelar Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2020 lalu, kini sejumlah warga di desa mulai rutin donor setiap tiga bulan sekali. Warga, kata dia, sudah jadi donor tetap jika PMI menggelar pendonoran dengan mendatangi warga.

    "Ada beberapa warga desa sekarang yang sudah rutin [pendonoran] setiap tiga bulan seperti di Desa Prajegan, Japan, dan desa lain. Jadi sudah otomatis mereka akan donor," ungkapnya.

    Pendonoran darah kolaborasi KITA di Ponorogo pada tahun ini sudah digelar sejak 29 Oktober hingga 13 November 2022. Ada berbagai komunitas yang ikut dalam program sosial ini seperti anak motor Bold Riders Ninja KN47, Super Moto Ponorogo, mobil GCC, MTC (mobil timor club), fans club Miseaz Ponorogo, JCI, dan para seniman SKRP (Seniman Kecil Reog Ponorogo).

    "Sebelum donor kami juga melaksanakan doa bersama di taman makam pahlawan, kaena kebetulan momen donor darah kemarin juga momen di Hari Pahlawan," ungkapnya.

    Baca Juga: PMI Madiun Kesulitan Cari Pendonor Darah saat PPKM

    Total ada sebanyak 750 komunitas di lebih dari 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur. Jumlah kota ini tersebar di 15 provinsi. Tahun ini kegiatan sosial tersebut mengambil tema kepahlawanan yakni KITA adalah Pahalwan. Program tersebut menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894 orang.

    Atas raihan ini Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni pertama penghargaan rekor sebagai donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Kemudian rekor kedua yakni donor di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara pararel dalam kurun waktu dua pekan di 15 provinsi.



    Editor : Anik Sulistyawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.