PILKADA 2015 : Kapolda Klaim Pilkada Jatim Aman

PILKADA 2015 : Kapolda Klaim Pilkada Jatim Aman Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji (Peni Widarti/JIBI/Bisnis)

    Pilkada 2015 di Jatim diklaim berlangsung aman oleh Kapolda Irjen Pol Anton Setiadji.

    Madiunpos.com, MOJOKERTO — Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Anton Setiadji menyatakan pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Umum Kepala Dearah (Pilkada) 2015 di Jawa Timur berjalan dengan aman, tanpa adanya kendala yang berarti. "Saya sampaikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Jawa Timur berjalan dengan aman dan lancar," katanya saat melakukan inspeksi di Mapolres Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (9/12/2015).

    Ia mengemukakan, saat ini seluruh anggota Polda Jatim juga sudah melakukan antisipasi sistem pengamanan pemungutan suara Pilkada 2015, terutama yang ada di masing-masing kepolisian resor. "Kami dari Polda Jatim juga membantu penuh. Selain itu, dari Polda juga melakukan pemantauan daerah-daerah rawan yang ada di Jawa Timur," ucapnya.

    Ia mengatakan pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan tokoh masyarakat dan juga tokoh agama supaya pelaksanaan pemilihan kepala daerah berjalan dengan kondusif. Kapolda Anton Setiadji menyebutkan, pihak kepolisian sudah menyiapkan 22.000 anggota, 6.000 personel unsur TNI, dan 68.000 unsur binmas untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan keamanan seputar pemungutan suara Pilkada 2015.

    Dilaporkan Kapolri
    Disinggung terkait dengan konferensi jarak jauh yang dilakukan jajaran Polda Jawa Timur dengan Kapolri, menurut dia, sudah melaporkan kondisi terkini kepada Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan. "Kami dari Polda Jawa Timur, Gubenur Jatim, Pangdam V Brawijaya sudah melaporkan kepada Pak Menkopolhukam, Kapolri Badrotin Haiti dan juga Komisioner Bawaslu terkait kondisi keamanan di Jawa Timur," tuturnya.

    Dalam laporan tersebut, dirinya juga mendapatkan pengarahan secara umum terkait dengan pelaksanaan pengawasan pemilihan kepala daerah. "Pak Menkopolhukam ingin mengetahui secara langsung keberlangsungan pengamanan pemilihan kepala daerah yang ada di seluruh Indonesia," ujarnya.

    Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang mendampingi inspeksi tersebut mengatakan kalau pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun ini berjalan dengan lancar. "Konsep pemerintah pusat dengan pelaksanaan pemerintah melalui pelaksana jabatan ini sudah cukup bagus," tambahnya.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.