PILKADA 2015 : KPU Kota Blitar Targetkan Partisipasi Pemilih 80%

PILKADA 2015 : KPU Kota Blitar Targetkan Partisipasi Pemilih 80% Surat suara Pilkada Kota Blitar 2015. (JIBI/Solopos/Antara/Irfan Anshori)

    Pilkada 2015 diharapkan KPU Kota Blitar diikuti 80% pemilih.

    Madiunpos.com, BLITAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar, Jawa Timur menargetkan tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015 di wilayah itu bisa mencapai 80%.

    "Dalam setiap pemilihan, tingkat partisipasi masyarakat di Kota Blitar cukup bagus, rata-rata 70% lebih. Di pilkada ini, kami harapkan naik sampai 80%," kata Ketua KPU Kota Blitar Setyo Budiono di Blitar, Senin (7/12/2015).

    Ia mengatakan KPU membuat berbagai macam terobosan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih. KPU Kota Blitar gencar melakukan sosialisasi pelaksaaan Pilkada 2015 ke semua kelompok masyarakat, termasuk remaja.

    Selain itu, Budi juga mengatakan seluruh komisioner KPU juga mengikuti kegiatan upacara bendera di sekolah, guna melakukan sosialisasi. Saat upacara, seluruh siswa berkumpul, sehingga mudah memberikan informasi.

    "Kami juga memberikan selebaran ke warga, di masjid-masjid mengingatkan tanggal 9 Desember jangan lupa ke TPS [tempat pemungutan suara]," ujarnya.

    Logistik Belum Didistribusikan
    Tentang logistik pemilu, Budi mengatakan saat ini masih disimpan di gudang KPU Kota Blitar dan akan didistribusikan sehari sebelum pelaksanaan Pilkada 2015 ke seluruh TPS yang ada di Kota Kediri.

    Untuk pengemasan logistik pemilu itu, tambahnya, sudah selesai. Seluruh logistik untuk Pilkada Kota Blitar 2015 baik surat suara maupun berbagai formulir sudah dimasukkan ke dalam kotak suara dan disegel.

    Nantinya, segel itu akan dibuka saat pelaksanaan pencoblosan. Sesuai dengan data, jumlah pemilih di kota ini mencapai 108.993 orang. Mereka akan menyalurkan aspirasi ke 311 TPS yang tersebar di tiga kecamatan wilayah Kota Blitar.

    "Kami hanya ada tiga kecamatan, jadi untuk pendistribusian logistik nanti sehari sebelum pilkada. Hanya sehari, kami yakin sudah selesai pendistribusiannya," paparnya.

    Dikawal Polisi
    Untuk pendistribusian itu, Budi mengatakan akan memanfaatkan tiga truk boks. Pendistribusian akan mendapatkan kawalan ketat dari aparat Kepolisian Resor Kota Blitar mulai dari kantor KPU hingga ke lokasi PPS (panitia pemungutan suara).

    Pilkada Kota Blitar 2015 diikuti dua pasangan calon, yaitu Muhsin–Dwi Sumardiyanto yang berangkat dari calon perseorangan dan Samanhudi Anwar–Santoso merupakan calon incumbent. Pasangan Samanhudi Anwar-Santoso diusung koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Nasional Demokrat, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Golongan Karya, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Amanat Nasional, dan Partai Demokrat.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.