PONDOK GONTOR : Santri Gontor Punya Waktu Tidur 5,5 Jam/hari, Begini Aktivitas Mereka...

PONDOK GONTOR : Santri Gontor Punya Waktu Tidur 5,5 Jam/hari, Begini Aktivitas Mereka... Santri berjalan menuju asrama di kompleks Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat, Mlarak, Ponorogo, Rabu (18/5/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Pondok Gontor, santri di Pondok Modern Darussalam Gontor punya waktu tidur 5,5 jam per hari.

    Madiunpos.com, PONOROGO — Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, hanya memberikan waktu tidur bagi santrinya selama 5,5 jam dalam satu hari, yakni pukul 22.00 WIB-03.30 WIB.

    Pembatasan jam tidur untuk melatih santri lebih disiplin dan memanfaatkan waktu secara optimal. Waktu santri di pondok dimaksimalkan untuk melakukan kegiatan belajar dan mengaji serta beribadah.

    Anggota staf Sekretariat Pondok Modern Darussalam Gontor, Fuad Fahmi, mengatakan seluruh santri Pondok Gontor memang dilatih untuk displin waktu dan tindakan.

    Dia mengatakan aktivitas seluruh santri dimulai pukul 03.30 WIB, pada jam itu santri diwajibkan bangun dan melanjutkan membaca Alquran hingga waktu Salat Subuh di asrama masing-masing.

    Aktivitas membaca Alquran berhenti dan dilanjutkan untuk Salat Subuh. Setelah itu santri menjalankan aktivitas belajar bahasa asing seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris di asrama hingga pukul 06.00 WIB.

    Seusai belajar bahasa, santri bergegas untuk mandi cuci kakus dan sarapan serta bersiap ke ruang kelas untuk memulai belajar. Ruang kelas berada di kompleks Pondok Modern Gontor, sehingga santri bisa berjalan kaki dari asrama ke ruang kelas.

    Di ruang kelas, para santri belajar berbagai ilmu pengetahuan dan ilmu agama. Kegiatan belajar mengajar dimulai pukul 07.10 WIB hingga pukul 12.15 WIB. Di ruang kelas, santri tidak hanya mendapatkan ilmu agama, tetapi juga ilmu umum seperti Fisika, Biologi, Sejarah, Matematika, dan lainnya.

    Santri diberi waktu Beristirahat dan makan hingga pukul 13.00 WIB dan masuk ke kelas untuk mengikuti pelajaran sore mulai pukul 14.05 WIB hingga 15.15 WIB.

    Setelah itu santri kembali ke asrama untuk Salat Asar dan membaca Alquran hingga pukul 16.15 WIB. Kemudian santri diberi waktu hingga pukul 17.00 WIB untuk olahraga serta mandi. Pukul lima sore, santri harus sampai di masjid untuk persiapan Salat Magrib berjamaah.

    Usai salat Magrib, santri kembali ke asrama untuk membaca Alquran dan makan malam serta salat Isya hingga pukul 19.30 WIB. Pukul delapan malam, santri kembali ke kelas untuk mengikuti belajar malam terbimbing hingga pukul 21.30 WIB.

    "Setelah mengikuti belajar malam, santri akan kembali ke asrama untuk tidur. Sebelum tidur, santri diwajibkan wudu dan berdoa di depan asrama masing-masing," ujar Fuad kepada Madiunpos.com beberapa waktu lalu.

    Dia menuturkan setelah tidur selama lima setengah jam, santri akan menjalani kegiatan rutin itu. Menurut dia, santri memang diberi batasan waktu tidur supaya bisa lebih memaksimalkan waktu untuk mencari ilmu dan beribadah.

    Selama berada di pondok, seluruh santri juga diwajibkan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari, baik di asrama, ruang kelas, maupun masjid. Yaitu dua pekan menggunakan bahasa Arab dan dua pekan lagi menggunakan bahasa Inggris.

    Bagi santri yang tidak menggunakan dua bahasa itu akan dikenakan sanksi berupa menghafal kosakata. Ketika santri menggunakan bahasa daerah, hukumannya bisa berupa digunduli.

    "Hukumannya berupa menghafal kosakata, nanti mereka akan menyetor hafalannya kepada pengurus pondok," ujar dia.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.