PRESTASI KAMPUS : Universitas Brawijaya Peringkat ke-5 PT Versi Kemenristekdikti

PRESTASI KAMPUS : Universitas Brawijaya Peringkat ke-5 PT Versi Kemenristekdikti Ilustrasi Situasi kampus Universitas Brawijaya Malang (blog.ub.ac.id)

    Prestasi kampus, Universitas Brawijaya (UB) Malang masuk lima besar perguruan tinggi terbaik versi Kemenristekdikti.

    Madiunpos.com, MALANG–Universitas Brawijaya (UB) Malang masuk peringkat V perguruan tinggi Indonesia very Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

    Rektor UB Mohammad Bisri menilai sudah bagus berada di posisi ke-5 karena posisinya  sebagai kampus daerah. Untuk menduduki peringkat lebih tinggi, maka dibutuhkan sumber daya yang lebih besar termasuk anggaran. “Tidak perlu terlalu ambisius, intinya bekerja dan terus bekerja,” tutur Guru Besar Teknik Pengairan ini di Malang, Jumat (19/8/2016).

    Pada tahun mendatang dia akan berupaya untuk menggenjot akreditasi dan database SDM. Dari 151 program studi yang dimiliki UB, baru 60 diantaranya yang terakreditasi A.

    Karena itulah perlu terus digenjot perolehan akreditasi program studi baik nasional maupun internasional melalui pendampingan Pusat Jaminan Mutu (PJM).

    Terkait perbaikan SDM, upaya yang dilakukannya adalah dengan memperbaiki database serta sinkronisasi Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT).

    Dalam bidang kemahasiswaan, tahun ini  ada 197 prestasi telah ditorehkan mahasiswa UB baik di tingkat regional, nasional maupun internasional. Dari jumlah tersebut, 90% di antaranya berasal dari penalaran.

    Meskipun begitu, Bisri merasa masih perlu menggenjot penelitian dosen dan mahasiswa utamanya dibidang sosial dan humaniora.

    Sementara pada bidang penelitian, untuk tahun anggaran 2015, LPPM UB menerima 220 judul penelitian dengan perolehan dana sekitar Rp27,4 miliar. Perolehan dana penelitian ini naik dibanding 2014 senilai Rp18,85 miliar.

    Seperti diketahui, Kemenristekdikti merilis Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi 2016. Sebanyak 3.244 perguruan tinggi dikelompokkan dalam 5 cluster, dimana UB berada pada cluster 1.

    Dalam cluster ini, UB menduduki peringkat ke-5 dari 12 perguruan tinggi dengan perolehan skor sebanyak 3.24. Skor ini naik dari perolehan tahun sebelumnya yakni 3.22 yang mendudukkan UB pada peringkat ke-6 di tahun 2015.

    Tahun ini, empat perguruan tinggi yang berada diatas UB adalah ITB (skor: 3.78), UGM (skor: 3.72), UI (skor 3.69), dan IPB (skor: 3.54). Indikator yang digunakan dalam pemeringkatan 2016 ini adalah kualitas dosen (12%), kecukupan dosen (18%), akreditasi (30%), kualitas kegiatan kemahasiswaan (10%) dan kualitas kegiatan penelitian (30%).

    Dari indikator penilaian tersebut, Kemenristekdikti juga memilih 10 peringkat teratas perguruan tinggi berdasar empat indikator utama yakni Sumber Daya Manusia (SDM), kemahasiswaan, akreditasi dan penelitian.



    Editor : Ahmad Mufid Aryono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.