Puluhan Rumah di Malang Selatan Tergenang Air, Ini Penyebabnya

Meluapnya sungai Tamban disebabkan hujan deras pada hari sebelumnya. Air yang meluap kemudian sampai ke pemukiman warga.

Puluhan Rumah di Malang Selatan Tergenang Air, Ini Penyebabnya Kotoran di tengah Sungai. (Detik.com/Istimewa)

    Madiunpos.com, MALANG -- Puluhan rumah di enam RT Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, tergenang air. Penyebabnya setelah hujan deras mengguyur wilayah Malang sungai Tamban meluap.

    Sekretaris BPBD Kabupaten Malang Bagyo Setiono mengatakan, meluapnya sungai Tamban disebabkan tingginya intensitas hujan pada hari sebelumnya. Air yang meluap kemudian sampai ke pemukiman warga.

    Minggu (31/5/2020) siang, kondisi air telah surut total dan dilakukan pembersihan material banjir.

    Keluarkan 17 Kali Letusan, Status Gunung Semeru Jadi “Waspada”

    "Pemukiman yang terdampak sekitar 40 rumah yang berada di enam RT Dusun Tamban, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan," kata Bagyo, Minggu.

    Bagyo menyebut, ketinggian air sekitar 50 centimeter sampai dengan 75 centimeter yang masuk ke pemukiman warga. Air kemudian surut seiring dengan menurunnya debit Sungai Tamban.

    "Ketinggian air yang masuk rumah warga sampai 75 centimeter. Banjir surut bersamaan dengan menurunnya debit sungai Tamban," sebut Bagyo.

    Aksi Berbahaya, Pria Berenang di Danau Kawah Ijen Evakuasi Jenazah Temannya

    Menurunnya debit Sungai Tamban juga dikarenakan intensitas hujan di kawasan Desa Kedungbanteng dan Tambakasri di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, sudah mulai menurun. Kedua wilayah ini merupakan daerah penyuplai air di sungai Tamban.

    Bagyo menambahkan, masyarakat perlu mewaspadai perubahan cuaca di kawasan Desa Klepu, Ringinkembar, Sekarbanyu, dan Tegalrejo, yang berpotensi mengakibatkan banjir susulan. Tidak satupun kepala keluarga harus dievakuasi, karena rumahnya tergenang air.

    Waduh, Sekeluarga Mancing di Pacitan Disapu Gelombang, 1 Tewas 1 Hilang

    "Siang ini, pembersihan material banjir yang masuk ke pemukiman warga tengah dilakukan. Prediksi ada banjir susulan jika intensitas hujan di daerah hilir sungai cukup tinggi. Masyarakat telah kami imbau untuk waspada," imbuh Bagyo.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.