Puting Beliung Rusak 110 Rumah dan Kios di Magetan

Seratusan bangunan di Magetan rusak diterjanng puting beliung.

Puting Beliung Rusak 110 Rumah dan Kios di Magetan Petugas BPBD Magetan bersama sukarelawan menyingkirkan pohon yang roboh dan menimpa rumah warga Magetan, Kamis (12/12/2019). (Istimewa-BPBD Magetan)

    Madiunpos.com, MAGETAN -- Hujan deras disertai puting beliung menerjang lima kecamatan di Kabupaten Magetan, Rabu (11/12/2019) sore. Ada sekitar 110 rumah, kios, dan kandang ternak yang rusak akibat dihantam puting beliung itu.

    Tidak hanya merusak seratusan bangunan, puting beliung juga merusak gedung olahraga (GOR) dan Pasar Sayur Magetan. Selain itu, satu orang dikabarkan mengalami luka-luka akibat tertimpa material bangunan yang rusak.

    Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Ferry Yoga Saputra, mengatakan lima kecamatan yang diterjang puting beliung yakni Sidorejo, Magetan, Ngariboyo, Barat, dan Karangrejo.

    "Sebagian besar rumah yang terdampak. Ada yang rusak ringan, sedang, dan rusak berat. Tapi sebagian besar rusak ringan. Atapnya pada melorot dan terempas angin," kata dia saat dihubungi Madiunpos.com, Kamis (12/12/2019).

    Fery menuturkan Magetan menjadi kecamatan terdampak paling parah. Di wilayah ini ada sekitar 80 bangunan yang terdampak. Mulai dari rumah hingga kios.

    Tidak hanya itu, GOR Magetan juga rusak cukup parah. 30 persen atapnya rusak. Kerugiannya ditaksir mencapai Rp300 juta. Begitu juga dengan sejumlah kios di Pasar Sayur Magetan yang rusak diterjang puting beliung.

    "Benar, ada dua fasilitas publik yang rusak. GOR Magetan dan pasar. Di Kecamatan Magetan juga ada tower yang rusak dan satu rumah rusak parah," ujarnya.

    Fery menyampaikan kondisi parah juga terjadi di Kecamatan Ngariboyo. Di kecamatan itu ada 27 rumah yang rusak. Bahkan satu warga bernama Suarni, warga Desa Balegondo, harus dilarikan ke Puskesmas karena mengalami luka di bagian kepala karena tertimpa reruntuhan.

    Tidak hanya merusak rumah, puting beliung juga merobohkan 15 pohon di sejumlah lokasi. Sebagian pohon itu tumbang menutupi jalan sehingga tidak bisa dilalui.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.