Quarter Life Crisis, Keadaan saat Hidup Seseorang Merasa Tidak Berguna

Quarter life crisis adalah keadaan dimana seseorang usia 25 tahun-an mempertanyakan hidupnya. Di fase ini seseorang akan merasa cemas dan khawatir tentang keadaan di masa depan. Ada beberapa tanda-tanda yang mengikuti keadaan ini.

Quarter Life Crisis, Keadaan saat Hidup Seseorang Merasa Tidak Berguna Ilustrasi saat seseorang merasa bingung dengan keadaan. (hellosehat.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Fase peralihan dari remaja menuju dewasa cukup sulit bagi sebagian besar orang karena adanya berbagai problematika kehidupan yang sebenarnya, seperti quarter life crisis. Usia 25-an merupakan fase hidup yang memiliki tantangan tersendiri. Pada usia ini orang dituntut untuk bersikap lebih dewasa dalam menentukan arah tujuan hidup mereka.

    Masalah hidup yang hadir secara tiba-tiba tentunya membingungkan dan menyulitkan. Seiring waktu, apa yang ditargetkan nampaknya tidak bisa tercapai. Ketika itu terjadi, banyak dari mereka yang merasa frustasi, cemas, hingga depresi. Keadaan ini disebut dengan quarter life crisis.

    Dikutip dari Bright Side dalam okezone.com, Selasa (13/10/2020), seseorang yang berusia 25 tahun mulai memikirkan masa depan. Dia memandang kehidupan dengan cara yang lebih realistis. Dia pun mulai mengevaluasi diri dan menentukan target. Bahkan bisa saja timbul rasa tidak berguna yang diam-diam menghancurkannya.

    Sederhana, Ini Bahan Alami untuk Mengobati Sakit Gigi

    Quarter life crisis merupakan fase kehidupan saat seseorang merasa cemas tentang masa depan. Berikut tanda-tanda orang mengalami quarter life crisis:

    1. Sedikit teman

    Orang berusia 25 tahun ke atas biasanya memiliki teman dekat dalam jumlah terbatas. Hal ini terjadi lantaran Anda mulai sadar kualitas pertemanan lebih penting ketimbang kuantitas. Jadi, Anda akan sangat selektif memilih teman.

    1. Selalu cemas

    Orang yang mengalami quarter life crisis selalu cemas, apalagi saat hendak mengambil keputusan. Jika mengalami hal tersebut, cobalah minta saran kepada orang tua yang lebih berpengalaman.

    Prediksi Laga Ke-2 Timnas Indonesia U-19 vs Makedonia Utara: Susunan Pemain Berubah?

    1. Kurang percaya diri

    Terlalu sering membandingkan diri dan kehidupan dengan orang lain membuat seseorang kehilangan percaya diri. Padahal bisa jadi kehidupan yang Anda keluhkan menjadi idaman orang lain.

    1. Sering sedih

    Rasa sedih dan putus asa muncul akibat ketidakmampuan mengatasi masalah atau ketidakpuasan terhadap sesuatu. Sedih boleh, tapi jangan berlarut-larut. Jangan terlalu kejam dengan diri sendiri agar bebas dari kesedihan.

    1. Mempertanyakan tujuan hidup

    Apakah Anda pernah merasa dihantui pertanyaan, “Mau jadi apa?” Jika iya, itu tandanya Anda sedang mengalami quarter life crisis. Hal itu terjadi lantaran dia mulai menata kehidupan agar lebih mapan. Jika mengalami hal ini, cobalah meminta saran kepada orang tua yang lebih berpengalaman.

    Makanan yang Dilarang Saat Haid, Padahal Nomor 3 Banyak yang Doyan

     



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.