Sederhana, Inilah Rempah-Rempah untuk Menurunkan Darah Tinggi

Selain obat, beberapa rempah-rempah juga bisa membantu menurunkan darah tinggi.

Sederhana, Inilah Rempah-Rempah untuk Menurunkan Darah Tinggi Jahe menjadi salah satu rempah yang ampuh menurunkan tekanan darah. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis yang dapat dialami siapa saja. Darah tinggi biasa dipengaruhi oleh aktivitas yang terlalu intens dan memacu jantung hingga berdegup kencang. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki riwayat darah tinggi perlu mengontrol tekanan darahnya agar terhindar dari komplikasi hipertensi.

    Seseorang yang menderita hipertensi, tekanan darahnya bisa mencapai 14/90 mm Hg. Oleh sebab itu, ketika tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik diatas 90 mmHg, Anda harus segera memperbaiki gaya hidup.

    Untuk itu, bagi Anda yang menderita hipertensi, Anda wajib mengobati penyakit ini dengan penanganan yang tepat. Selain obat-obatan, ternyata ada beberapa rempah-rempah yang bisa membantu Anda menurunkan hipertensi. Berikut ini rempah-rempah yang membantu menurunkan darah tinggi dilansir dari detikcom, Rabu (25/11/2020).

    Cek Pasanganmu! Ahli Tubuh Ini Ungkap Ciri Seseorang Selingkuh

    1. Peterseli atau parsley

    Peterseli merupakan bahan masakan yang cukup populer di Amerika, Eropa, dan Timur Tengah. Namun peterseli juga sudah banyak ditemui di Indonesia.

    Peterseli memiliki nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh terutama bagi penderita darah tinggi. Beberapa penelitian mengatakan bahwa peterseli mengandung vitamin C dan antioksidan karotenoid yang mampu menurunkan tekanan darah, melawan kolesterol jahat, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

    1. Bawang putih

    Bawang putih mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk jantung. Bawang putih mengandung allicin yang membantu meningkatkan aliran darah dan melancarkan pembuluh darah.

    Menurut ulasan terhadap 12 penelitian pada lebih dari 550 orang dengan tekanan darah tinggi, diketahui konsumsi bawang putih dapat menurunkan tekanan systolic dan diastolic pada rata-rata 8,3 mmHg dan 5,5 mmHg.

    Pada penelitian selama 24 minggu pada 30 orang ditemukan bahwa 600-1.500 miligram ekstrak rempah bawang putih memberikan efek untuk menurunkan tekanan darah setara dengan atenolol.

    Ngebut dan Tabrak Truk di Tol Nganjuk, Pengemudi Avanza Meninggal

    1. Kayu manis

    Pada pengobatan tradisional, kayu manis digunakan untuk mengobati kondisi yang berkaitan dengan jantung termasuk tekanan darah. Kayu manis dapat memperbesar dan melancarkan aliran darah.

    Berdasar dari 9 penelitian yang melibatkan 941 orang menunjukkan bahwa mengkonsumsi kayu manis dapat menurunkan tekanan systolic dan diastolic pada rata-rata 6,2 mmHg dan 3,9 mmHg.

    Mereka yang mengkonsumsi 500-2.400 miligram kayu manis per hari selama lebih dari 12 minggu mengalami rata-rata tekanan systolic 5,39 mmHg dan tekanan diastolic 2,6 mmHg.

    1. Jahe

    Jahe benar-benar rempah yang sangat berkhasiat terutama pada pengobatan alternatif. Menurut penelitian baik pada hewan maupun manusia menunjukkan bahwa rempah ini ampuh menurunkan tekanan darah.

    Pada penelitian lebih dari 4.000 orang yang mengkonsumsi jahe 2-4 gram perhari ditemukan bahwa sebagian besar memiliki risiko yang sangat rendah alami peningkatan tekanan darah. Jahe juga mudah untuk dimasukkan dalam menu makanan atau bahkan tersedia dalam bentuk suplemen makanan.

    Hindari Razia Kendaraan, Emak-Emak Ini Teriak Takbir

    1. Kapulaga

    Kapulaga merupakan rempah dengan rasa yang cukup kuat dan sedikit rasa manis. Kapulaga menjadi rempah selanjutnya yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif.

    Kapulaga mengandung antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah. Sifatnya juga diuretik sehingga dapat membantu mengurangi penumpukan air melalui saluran kencing.

    Menurut penelitian yang dilakukan selama 12 minggu pada 20 orang dewasa yang baru saja didiagnosa mengalami kenaikan tekanan darah, mengkonsumsi kapulaga sebanyak 3 gram dalam sehari secara signifikan dapat membantu menurunkan tekanan darah hingga mendekati batas normal.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.