Selain Menyegarkan, Mandi Air Dingin Dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat mandi air dingin, selain menyegarkan juga bisa tingkatkan kekebalan tubuh.

Selain Menyegarkan, Mandi Air Dingin Dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh Ilustrasi--Mandi air dingin bisa tingkatkan kekebalan tubuh. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Kebanyakan orang akan memilih mandi air hangat ketimbang air dingin. Padahal, mandi air dingin ternyata memiliki sejumlah manfaat.

    Beberapa penelitian menunjukkan mandi air dingin mungkin bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

    Mengutip harianjogja.com, menurut meta-analisis cold water immersion research di British Journal of Sports Medicine, mandi air dingin berefek fisiologis pada tubuh. Seperti meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan laju pernapasan.

    Mulai Dari Mudah Malu Hingga Punya Masalah Seksual, Ini Arti Mimpi Jatuh Dari Ketinggian

    Air dingin juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Karena tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu yang stabil. Mandi air dingin memang menciptakan rasa segar pada tubuh. Ini dapat mendorong seseorang untuk lebih aktif secara fisik.

    Tak Bergantung Durasi

    Orang yang mandi air dingin 29% lebih kecil kemungkinannya sakit saat melakukan aktivitas fisik. Ini berdasarkan sebuah studi dalam jurnal PLoS One.

    Studi ini melakukan penelitian terhadap 3.018 orang yang mandi air panas. Kemudian, sebagian dari mereka dianjurkan menggunakan air dingin selama 30-90 detik. Dan kelompok lainnya mandi dengan air hangat seperti biasa dan tidak menggunakan air dingin sama sekali.

    Ada Bakso Virus Corona Di Surabaya, Bahannya Dari Jepang

    Berdasarkan hasil penelitian itu, mereka yang mandi air dingin melaporkan mereka lebih sedikit merasa sakit. Para peneliti menyimpulkan mandi air dingin mungkin membuat penyakit seseorang terasa kurang parah. Memungkinkan mereka untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari.

    Sementara itu, peneliti tidak menemukan perbedaan antara orang-orang yang mandi air dingin selama 30, 60, atau 90 detik. Rata-rata mereka memiliki kondisi yang sama. Hal Ini membuat para peneliti menyimpulkan bahwa air dingin memicu sistem kekebalan tubuh terlepas dari durasinya. Artinya, berapa pun durasinya, mandi air dingin tetap ampuh memicu sistem kekebalan tubuh seseorang.

    Tingkatkan Mood

    Beberapa peneliti berteori bahwa mandi air dingin juga dapat meningkatkan mood.

    Sebuah artikel tua dalam jurnal Medical Hypotheses mengemukakan orang yang mandi air dingin kecil kemungkinannya mengalami gejala depresi. Ini karena mandi air dingin mengaktifkan sistem saraf simpatik dan meningkatkan ketersediaan neurotransmiter seperti norepinefrin dan endorfin.

    Selain Mudah Bosan, Ini Tanda-Tanda Kekebalan Tubuh Anda Mulai Melemah

    Air dingin biasa juga digunakan oleh para atletik untuk terapi fisik setelah berolahraga. Selain dapat meringankan tenaga panas pada tubuh, air dingin dapat juga mengurangi peradangan.

    Sebuah studi dalam Journal of Athletic Training menemukan mandi air dingin dapat meredakan hipertermia saat aktivitas, dibandingkan tanpa perawatan sama sekali.

    Menurut sebuah artikel di North American Journal of Medical Sciences, air dingin dapat memiliki efek seperti anestesi lokal untuk menghilangkan rasa sakit.

    Bupati Ponorogo Minta RS Swasta Ikut Sediakan Ruang Isolasi Corona

    Paparan air dingin dapat menyebabkan pembuluh darah mengerut. Ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan edema yang menyebabkan rasa sakit. Air dingin juga dapat memperlambat kecepatan sinyal saraf melakukan impuls.

    Ini dapat mengurangi kecepatan saraf mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak, yang dapat menurunkan persepsi rasa sakit seseorang.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.