Sentono Gentong, Tempat Terbaik Menikmati Pacitan dari Atas Bukit

Salah satu tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan penuh bersejarah di Pacitan adalah Sentono Gentong.

Sentono Gentong, Tempat Terbaik Menikmati Pacitan dari Atas Bukit Sentono Gentong di Pacitan. (Instagram)

    Madiunpos.com, PACITAN -- Dilihat secara geografis, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, memiliki kekayaan alam berupa pantai-pantai yang menakjubkan dan gua-guanya yang sangat eksotis. Tidak heran jika Kabupaten Pacitan memiliki daya tarik yang tinggi di bidang pariwisata alam, khususnya pantai dan gua.

    Ternyata, tidak sampai hanya itu saja, Kabupaten Pacitan yang didominasi oleh kawasan perbukitan juga mampu menjadi tempat wisata pilihan dan bisa menarik banyak wisatawan untuk datang, salah satu tempat wisata yang terletak di perbukitan adalah Sentono Gentong.

    Sentono Gentong terletak di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Lokasinya berada di sebelah barat Kota Pacitan, jaraknya tidak terlalu jauh yakni sekitar 13 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Sentono Gentong sangat cocok dikunjungi di akhir pekan untuk melepas penat ataupun hanya bersantai menikmati syahdunya pemandangan dari atas bukit.

    Di tempat wisata Sentono Gentong, pengunjung akan disajikan keindahan panorama laut, pantai, perkotaan, perbukitan, pegunungan, gua hingga menjadi spot paralayang dari atas bukit. Sentono Gentong juga merupakan tempat penuh sejarah yang sekaligus menjadi tempat wisata religi.

    Baca Juga: Bawaslu Kota Madiun Temukan Seorang Bacaleg yang Didaftarkan 2 Parpol Berbeda

    Dilansir dari kominfo.jatimprov.go.id, Gurbernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan bahwa Sentono Gentong seperti orkestra semesta alam, karena memiliki keindahan alam lengkap yang berpadu dengan sejarah dan spiritual.

    Gurbernur Khofifah juga menjelaskan bahwa sebagai wisata religi, Sentono Gentong merupakan kawasan petilasan yang di dalamnya ada gentong berisi tulang-tulang yang dibawa oleh Syekh Subakir dari Persia untuk menangkal roh jahat di Pulau Jawa sehingga agama Islam di Nusantara dapat berkembang.

    Diceritakan, dahulu banyak jin yang mengganggu proses pembangunan dan berkembangnya agama Islam di Nusantara. Kisah Syekh Subakir seperti dalam Babad Tanah Jawi tertanam sangat kuat dan mencontohkan hubungan yang harmonis.

    Dilansir dari kanal YouTube Mastop Reog, untuk mencapai lokasi Sentono Gentong, dari Pantai Teleng Ria wisatawan bisa berjalan ke arah barat tepatnya arah Jalan Pacitan-Solo. Dalam perjalanan, wisatawan akan menjumpai papan petunjuk untuk menuju ke Sentono Gentong.

    Baca Juga: Berikut Ini Tingkatan di PSHT, Mulai dari Siswa Baru hingga Menjadi Warga

    Dari atas Sentono Gentong wisatawan dapat menyaksikan penampakan Kota Pacitan dan panorama lautan yang luas dari Pantai Teleng Ria dan Pantai Pancer Door. Di lokasi wisata juga disediakan banyak gazebo yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk bersantai atau istirahat selagi menjelajahi Sentono Gentong.

    Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung kegiatan wisatawan, seperti lahan perkir yang lumayan luas, toilet, banyak warung makan, gazebo hingga spot foto menarik. Untuk menikmati keindahan yang lebih lama, wisatawan disarankan untuk camping di sana. Pemandangan lampu-lampu kota di malam hari tak kalah indah dengan siang hari.

    Sentono Gentong buka selama 24 jam. Dilansir dari Instagram @disparbudporapacitan, tiket masuk ke destinasi wisata sangat terjangkau yakni hanya Rp10.000 saja.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.