Suka Ngemil Kuaci, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Kuaci ternyata kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Ada beberapa manfaat dari megngkonsumsi kuaci secara rutin.

Suka Ngemil Kuaci, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Biji bunga matahari. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Saat bersantai atau saat sedang menonton film, kurang lengkap rasanya jika tidak ditemani dengan camilan. Beberapa dari Anda pasti menjadikan kuaci sebagai teman bersantai.

    Biji bunga matahari atau lebih dikenal dengan kuaci adalah olahan biji-bijian yang dikeringkan dan diasinkan. Kuaci mempunyai rasa gurih, manis yang khas. Kuaci biasa dijadikan camilan untuk teman menonton film, belajar, atau sekedar bersantai.

    Meskipun hanyalah makanan ringan untuk menemani aktivitas sehari-hari, ternyata kuaci memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kuaci terkenal dengan kandungan vitamin E, vitamin B1, vitamin B3, magnesium, seng, tembaga, sumber serat alami dan serotonin.

    Dilansir dari alodokter.com, Selasa (5/1/2021), berikut beberapa manfaat dari kuaci untuk kesehatan.

    Wow! Pasutri di Banyuwangi Beli Scoopy Pakai Uang Koin Pecahan Rp1.000

         1. Mencegah peradangan

    Peradangan yang lama terjadi pada tubuh bisa memicu terjadinya penyakit kronis. Manfaat biji bunga matahari dalam hal ini adalah mencegah munculnya peradangan di dalam tubuh.

    Kuaci mengandung vitamin E, flavonoid, dan senyawa bioaktif yang dapat bertindak sebagai antiinflamasi untuk menghambat dan menekan reaksi peradangan.

    1. Menjaga kesehatan jantung

    Senyawa bioaktif peptida dan magnesium yang ada dalam camilan ini diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang merupakan salah satu faktor risiko terjadianya gagal jantung.

    Selain itu, kuaci juga kaya akan asam linoleat, yaitu salah satu jenis asam lemak tak jenuh yang dapat menyehatkan jantung. Zat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

    Waduh! Ikan, Kerang, dan Udang di Pantura Jatim Tercemar Mikroplastik

    1. Menjaga kadar gula darah

    Kuaci merupakan salah satu camilan dengan indeks glikemik yang rendah. Camilan seperti ini cocok dikonsumsi penderita diabetes karena tidak akan menaikkan gula darah dengan drastis.

    Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 30 gram biji bunga matahari setiap hari selama 6 bulan dapat menurunkan kadar gula darah sebanyak 10%. Hal ini diduga berkat kandungan senyawa asam klorogenat yang banyak terkandung dalam biji bunga matahari.

    1. Menjaga kesehatan pencernaan

    Dalam 30 gram kuaci terkandung sekitar 3 gram serat. Walaupun tergolong sedikit (hanya 1/8 dari kebutuhan sehari-hari, kehadiran serat dalam menu makanan sehari-hari dapat meningkatkan kerja usus dalam menyerap nutrisi dan menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus.

    Perjalanan Chacha Sherly Eks Trio Macan hingga Kecelakaan di Tol Semarang-Solo

    1. Menjaga berat badan ideal

    Mendapatkan berat badan ideal tentu menjadi keinginan banyak orang. Anda bisa menjadikan kuaci menjadi camilan sehari-hari. Kandungan protein, lemak sehat, dan serat pada biji bunga matahari dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebih.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.