Jangan Ditahan, Ternyata Ini Bahaya Menahan Bersin untuk Kesehatan

Menahan bersin kadang dilakukan saat berada di keramain atas dasar kesopanan. Namun, terlalu sering menahan bersin berdampak bahaya bagi tubuh.

Jangan Ditahan, Ternyata Ini Bahaya Menahan Bersin untuk Kesehatan Ilustrasi bersin. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Pernahkah Anda menahan bersin? Mungkin Anda akan menahan bersin jika sedang berada pada momen yang tidak tepat seperti saat rapat atau sedang berada di keramian.

    Bersin adalah respons alami tubuh saat ada benda asing yang masuk ke organ pernapasan. Selain itu, bersin juga terjadi sebagai gejala penyakit tertentu seperti flu, alergi dan infeksi pernapasan.

    Tak sedikit orang yang menahan bersin atas pertimbangan kesopanan. Namun penelitian menunjukkan bahwa menahan bersin bisa berbahaya bagi kesehatan. Ada sejumlah bahaya menahan bersin yang tidak boleh disepelekan begitu saja.

    Dilansir dari halodoc.com, Selasa (5/1/2021), berikut bahayanya jika sering menahan bersin.

    Waduh! Ikan, Kerang, dan Udang di Pantura Jatim Tercemar Mikroplastik

    1. Pecahnya gendang telinga

    Bahaya menahan bersin yang pertama adalah memicu pecahnya gendang telinga. Hal itu bisa terjadi karena saluran telinga, hidung dan tenggorokan saling berhubungan. Menahan bersin dapat meningkatkan tekanan darah dalam tuba eustachius di telinga, sehingga mendorong gendang telinga. Dorongan kuat tersebut yang menyebabkan pecahnya gendang telinga. Seseorang bisa saja kehilangan pendengaran karena hal ini.

    1. Infeksi telinga bagian tengah

    Bersin berguna untuk membuang kuman atau partikel benda asing dari dalam tubuh. Jika bersin ditahan, kuman atau partikel benda asing dapat masuk kembali ke dalam tubuh. Jika kuman terdorong ke dalam saluran telinga, maka infeksi bisa saja terjadi.

    1. Pecahnya pembuluh darah

    Dalam hidung, mata, dan gendang telinga terdapat banyak sekali pembuluh darah kecil. Meski dalam kasus yang sering terjadi, sering menahan bersin dapat menyebabkan pembuluh darah kecil tersebut tertekan dan pecah. Jika terjadi, maka dapat memicu munculnya sejumlah gejala, salah satunya adalah mata yang memerah.

    Pembunuh Fotografer di Bangkalan Diringkus saat Kabur Menuju Jembatan Suramadu

    1. Kerusakan pada tenggorokan

    Sering menahan bersin dapat memicu terjadinya kerusakan pada tenggorokan. Hal tersebut terjadi karena kecepatan udara yang tinggi saat menahan bersin merusak organ di sekitar mulut, termasuk tenggorokan. Meski jarang terjadi, bahaya menahan bersin yang satu ini bisa saja dialami oleh siapapun.

    1. Cedera pada diafragma

    Diafragma merupakan otot yang menjadi batasan antara dada dan perut. Jika terlalu sering menahan bersin, maka dapat membuat udara terjebak dalam ruang diafragma. Hal tersebut dapat memicu kolaps paru-paru. Kondisi ini dapat berakibat fatal bagi pengidapnya, sehingga harus segera mendapatkan pertolongan medis.

    1. Patah tulang rusuk

    Menahan bersin akan membuat udara bertekanan tinggi dipaksa masuk ke dalam paru-paru. Hal tersebut akan memicu patahnya tulang rusuk yang mengelilingi paru-paru.

    Perjalanan Chacha Sherly Eks Trio Macan hingga Kecelakaan di Tol Semarang-Solo



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.