Sumur Ambles di Kediri Capai 133 Unit, PVMBG Lakukan Penelitian

Sumur Ambles di Kediri Capai 133 Unit, PVMBG Lakukan Penelitian Ilustrasi sumur (JIBI/Solopos/Dok)

    Fenomena alam yakni sumur ambles terjadi di Kediri.

    Madiunpos.com, KEDIRI -- Jumlah sumur ambles di Kabupaten Kediri terus bertambah hingga mencapai 133 sumur. Fenomena alam itu terjadi di tiga desa di kabupaten setempat.

    "Totalnya sekarang ada 133 itu di tiga desa, yaitu Manggis, Gadungan [Kecamatan Puncu], dan Sumberagung [Kecamatan Plosoklaten]," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri Randy Agata di Kediri, Senin (1/5/2017).

    Randy mengatakan sumur yang ambles paling terbanyak di Desa Manggis, Kecamatan Puncu, hingga 129 sumur. Sementara, sisanya tersebar di daerah lainnya.

    Selain sumur yang sudah ambles, Randy juga menyebut banyak sumur lainnya yang ada indikasi ke ambles. Kondisi itu diawali dengan air yang keruh serta mulai terlihatnya gerowong.

    Ia juga menyebut Tim PVMBG Bandung masih melakukan penelitian di lokasi warga yang sumurnya ambles tersebut. Namun, Tim PVMBG meyakinkan fenomena alam itu kejadian yang bisa saja terjadi, terutama di daerah vulkanik. "Intinya, fenomena alam ini sering terjadi di daerah vulkanik, tapi pada umumnya masih aman," kata dia.

    Randy pun tetap meminta warga waspada dan tidak mendekati titik terjadinya sumur ambles, guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. "Kami minta waspada dan menghindari, meminimalisir di sekitar sumur," kata dia.

    Sementara itu, hingga kini, BPBD juga masih mengirimkan air bersih untuk warga. Setiap hari, ada sekitar empat truk air yang dikirimkan.

    Dalam upaya meneliti fenomena alam sumur ambles itu, Tim PVMBG Bandung melakukan koordinasi dengan Kampus ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya) dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jatim.

    Kepala Tim Tanggap Darurat Bencana Pergerakan Tanah PVMBG Herry Purnomo menyebut amblesan tersebut mayoritas terjadi di bibir sumur. "Nanti akan meneliti kondisi fisik dari tanah, muka air tanah, sumur, dan pengaruhnya," katanya.

    Dalam penelitian itu, tim juga akan menggunakan georadar dan geolistrik guna mengetahui struktur bebatuan. Selain itu, hal itu juga guna mengetahui apakah ada rongga di bawah, retakan yang bergerak, atau adanya patahan yang sudah tertimbun namun tidak terdeteksi.

    Fenomena sumur ambles di Kabupaten Kediri terjadi sejak Senin (24/4/2017). Sejumlah warga yang sumurnya ambles terpaksa membeli tanah, untuk menguruk dengan harapan bisa menekan ambles.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.