TAHUN BARU IMLEK : Barongsai Bojonegoro Kumpulkan Rp5 Juta

TAHUN BARU IMLEK : Barongsai Bojonegoro Kumpulkan Rp5 Juta Pengendara sepeda motor melintas di samping pertokoan yang memasang dekorasi payung di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (6/2/2016). Hiasan payung tersebut guna menyemarakkan Tahun Baru 2567 Imlek. (JIBI/Solopos/Antara/Aguk Sudarmojo)

    Tahun Baru Imlek memberikan rezeki berlimpah bagi penari barongsai di Bojonegoro.

    Madiunpos.com, BOJONEGORO — Grup Kesenian Barongsai dan Liong Samsi Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kelenteng Hok Swie Bio di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menagguk rezeki berlimpah kala berkeliling mengumpulkan angpau. Tak kurang dari Rp5 juta didapatkan para penari ketika pawai berkeliling kota untuk merayakan Tahun Baru Imlek, Senin (8/2/2016).

    "Kurang lebihnya, ya, sekitar itu," ungkap Ketua Kesenian Barongsai dan Liong Kelenteng Hok Swie Bio Bojonegoro Humpa di sela-sela pergelaran seni khas Tiongkok itu di Bojonegoro.

    Ia menjelaskan rombongan kesenian Barongsai dan Liong Samsi dalam pawai itu menempuh perjalanan sekitar 5 km dari Kelenteng Hok Swie Bio, melintasi sejumlah jalan protokol, termasuk masuk jalan perkampung, kemudian kembali lagi ke kelenteng. Di kelenteng, kata dia, rombongan Barongsai dan Liong Samsi, termasuk penabuh dengan jumlah sekitar 40 personel, menggelar berdemontrasi.

    Namun, katanya, kalau di sepanjang perjalanan rombongan kesenian Barongsai dan Liong Samsi, hanya berjalan kaki tanpa menggelar demontrasi, karena sudah mulai kepayahan. "Kalau sekarang tidak berdemontrasi, karena anak-anak kepayahan. Nanti, sesampai kelenteng demontrasi lagi," ucap Humpa.

    Seorang warga etnis Tionghoa di Bojonegoro memberikan angpau kepada penari barongsai dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek. (JIBI/Solopos/Antara/Slamet Agus Sudarmojo)
    Seorang warga etnis Tionghoa di Bojonegoro memberikan angpau kepada penari barongsai dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek. (JIBI/Solopos/Antara/Slamet Agus Sudarmojo)

    Pantauan Kantor Berita Antara, di sepanjang perjalanan ribuan warga menyaksikan rombongan kesenian Barongsai dan Liong Samsi itu. Bahkan, puluhan anak-anak kecil juga mengiringi rombongan kesenian itu, terutama ketika masuk jalan perkampungan.

    Seorang petugas Kelenteng Hok Swie Bio Bojonegoro Endang Yulianawati, menjelaskan pertunjukan kesenian Barongsai dan Liong digelar di halaman kelenteng, setelah pelaksanaan sembahyang bersama menyambut Hari Raya Imlek, 7 Februari pukul 15.00 WIB. "Peserta sembahyang Imlek berkisar 35-40 orang dari warga lokal," ucapnya.

    Di Bojonegoro dalam menyambut Hari Raya Imlek seorang warga juga memasang lampion dan puluhan payung di depan sebuah pertokoan. "Ada sekitar 80 payung yang kami pasang," ucap pekerja yang memasang hiasan Hari Raya Imlek di sebuah pertokoan itu.

     



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.