Tak Cuma Bagus untuk Mata, Inilah Manfaat Jus Wortel bagi Kesehatan

Kandungan vitamin yang terdapat dalam wortel sangat bermanfaat. Ada beberapa manfaat untuk kesehatan yang akan Anda dapat saat mengkonsumsi jus wortel secara rutin.

Tak Cuma Bagus untuk Mata, Inilah Manfaat Jus Wortel bagi Kesehatan Jus wortel. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Wortel merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat. Wortel mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K. Sayuran ini merupakan sumber serat, kalium, beta karoten hingga antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

    Masyarakat biasa mengolah wortel menjadi campuran sup, salad, atau lalapan. Selain itu, wortel juga bisa dibuat menjadi jus yang segar dan menyehatkan. Wortel memiliki rasa dan warna yang unik yang akan menggugah selera.

    Manfaat jus wortel sangat melimpah, mulai dari merawat kesehatan dan kecantikan kulit hingga mencegah penyakit kronis. Untuk memperoleh manfaat wortel, Anda disarankan untuk mengkonsumsinya secara rutin.

    Tertabrak KA di Jombang, Truk Terbelah, Sopir dan Kernet Meninggal

    Dilansir dari okezone.com,Jumat (27/11/2020), berikut ini manfaat lengkap jus wortel untuk kesehatan.

    1. Meningkatkan kesehatan mata

    Jus wortel mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi mata Anda. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata.

    Beberapa penelitian mengaitkan asupan buah dan sayuran yang mengandung pro-vitamin A dengan penurunan risiko kebutaan dan penyakit mata terkait usia. Terlebih lagi, jus wortel adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik.

    1. Meningkatkan kekebalan

    Jus wortel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Baik vitamin A dan C yang ditemukan dalam jus wortel bertindak sebagai antioksidan dan melindungi sel kekebalan dari kerusakan radikal bebas.

    Selain itu, jus wortel kaya akan vitamin B6, menyediakan lebih dari 30% DV dalam 1 cangkir (240 mL). Vitamin B6 tidak hanya diperlukan untuk respon kekebalan tubuh yang optimal, tetapi kekurangan vitamin B6 juga terkait dengan kekebalan yang melemah.

    Unik, Inilah 6 Wisata Candi di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

    1. Terdapat efek antikanker

    Jus wortel dapat melindungi tubuh dari kanker. Secara khusus, poliasetil, beta karoten, dan lutein dari ekstrak jus wortel mungkin efektif melawan sel leukemia.

    Tidak hanya itu, dalam penelitian menemukan bahwa mengobati sel leukemia dengan ekstrak jus wortel selama 72 jam menyebabkan kematian sel kanker dan menghentikan siklus pertumbuhan sel.

    1. Meningkatkan kontrol gula darah

    Minum jus wortel dalam jumlah kecil dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Secara khusus, penelitian mengatakan, diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa jus wortel yang difermentasi menurunkan gula darah dan meningkatkan penanda terkait lainnya. Itu karena jus mengandung probiotik, yang merupakan bakteri menguntungkan yang mempengaruhi bakteri usus yang terkait dengan diabetes.

    Mancing di Bengawan Madiun, Warga Temukan Mayat Bayi Membusuk

    1. Meningkatkan kesehatan kulit

    Nutrisi dalam jus wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Jus wortel menyediakan vitamin C dan beta karoten, dua antioksidan yang dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan. Vitamin C juga diperlukan untuk produksi kolagen yang memperkuat kulit.

    1. Meningkatkan kesehatan jantung

    Jus wortel dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Jus wortel merupakan sumber potasium yang baik, mineral yang berperan penting dalam pengaturan tekanan darah yang tepat.

    Kalium dan antioksidan dalam jus wortel dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan faktor risiko penyakit jantung.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.