Unik, Inilah 6 Wisata Candi di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Candi menjadi salah satu wisata sejarah yang ada di Jawa Timur. Ada beberapa wisata candi yang menarik untuk dikunjungi.

Unik, Inilah 6 Wisata Candi di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi Candi Penataran. (travelingyuk.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu provinsi yang kaya warisan peninggalan sejarah sejak zaman pra aksara hingga munculnya kerajaan bercorak Hindu dan Budha.

    Sebagai salah satu pusat pemerintahan pada masa kerajaan, Jawa Timur memiliki banyak situs bersejarah yang bisa dikunjungi seperti candi. Candi menjadi bangunan bersejarah yang menarik untuk dipelajari kisah dan keindahan arsitekturnya.

    Candi di Jawa Timur memiliki keunikan tersendiri berbeda dengan yang ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Candi –candi ini kini menjadi tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

    Jodoh! Pemuda di Ponorogo Nikahi Nenek Berusia 76 Tahun

    Berikut ini wisata candi di Jawa Timur yang menarik untuk dikunjungi dikutip dari liputan6.com, Jumat (27/11/2020).

    1. Candi Badut, Malang

    Candi badut berlokasi di kawasan Tidar, bagian barat Kota Malang. Candi Badut diduga diperkirakan dibangun jauh sebelum masa pemerintahan Airlangga, yaitu masa dimulainya pembangunan candi-candi lain di Jawa Timur. Candi ini termasuk candi tertua di Jawa Timur.

    Kata Badut diduga berasal dari bahasa Sanskerta Bha-dyut yang berarti sorot Bintang Canopus atau Sorot Agastya. Para ahli menyatakan bahwa Candi Badut merupakan peralihan gaya bangunan klasik dari Jawa Tengah ke Jawa Timur.

    Candi Badut. (explorewisata.com)

    Diduga Korban Tawuran, Remaja Surabaya Meninggal Bersimbah Darah di Jalanan

    1. Candi Singosari, Malang

    Candi Singosari terletak di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Cungkup atau Candi Menara, karena pada masanya Candi Singasari adalah candi tertinggi.

    Bangunan Candi Singasari terletak di tengah halaman. Tubuh candi berdiri di atas batur kaki setinggi sekitar 1,5 m, tanpa hiasan atau relief pada kaki candi. Sepintas bangunan Candi Singasari terlihat seolah bersusun dua, karena bagian bawah atap candi berbentuk persegi, menyerupai ruangan kecil dengan relung-relung di masing-masing sisi.

    Candi Singosari. (NativeIndonesia.com)
    1. Candi Jago, Malang

    Candi Jago terletak di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Saat ini Candi Jago masih berupa reruntuhan yang belum dipugar.

    Keseluruhan bangunan candi berbentuk segi empat dengan luas 23x14 m. Candi Jago dipenuhi dengan panel-panel relief yang terpahat rapi mulai dari kaki sampai ke dinding ruangan teratas.

    Candi Jago. (pegipegi.com)

    Tertabrak KA di Jombang, Truk Terbelah, Sopir dan Kernet Meninggal

    1. Candi Penataran, Blitar

    Candi Penataran terletak di lereng barat daya Gunung Kelud, sekitar 12 km ke arah utara dari Kota Blitar. Candi ini merupakan sekumpulan bangunan kuno yang berjajar dari barat-laut ke timur kemudian berlanjut ke tenggara.

    Candi ini merupakan candi termegah dan terluas di Jawa Timur. Selain sebagai kompleks percandian terluas, Candi Penataran juga memiliki kekhasan dalam ikonografi reliefnya. Gaya reliefnya menunjukkan bentuk yang jelas berbeda dari candi-candi di Jawa Tengah.

     

    1. Candi Jawi, Pasuruan

      Candi Penataran. (travelingyuk.com

    Candi Jawi terletak di kaki Gunung Welirang, tepatnya di Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Dalam Negarakertagama pupuh 56 disebutkan bahwa Candi Jawi didirikan atas perintah raja terakhir Kerajaan Singasari, Kertanegara, untuk tempat beribadah bagi umat beragama Syiwa dan Buddha.

    Salah satu keunikan Candi Jawi adalah batu yang dipakai sebagai bahan bangunannya terdiri dari dua jenis. Dari kaki sampai selasar candi dibangun menggunakan batu berwarna gelap, tubuh candi menggunakan batu putih, sedangkan atap candi menggunakan campuran batu berwarna gelap dan putih.

    Mancing di Bengawan Madiun, Warga Temukan Mayat Bayi Membusuk

    1. Candi Bajangratu, Mojokerto

    Candi Bajangratu terletak di Dukuh Kraton, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi Bajangratu menempati area yang cukup luas. Seluruh bagian candi dibuat dari batu bata merah, kecuali anak tangga dan bagian atapnya.

    Candi ini masih menyimpan banyak hal yang belum diketahui secara pasti, baik mengenai tahun pembuatannya, raja yang memerintahkan pembangunannya, fungsinya, maupun segi-segi lainnya.

    Candi Bajangratu. (wisatalengkap.com)


    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.