Tambah 3 Pasien Covid-19, Pemkab Pacitan Tinjau Kembali Pembukaan Tempat Wisata

Pemkab Pacitan mengkaji ulang rencana pembukaan tempat wisata menyusul bertambahnya pasien covid-19 dalam tiga hari terakhir.

Tambah 3 Pasien Covid-19, Pemkab Pacitan Tinjau Kembali Pembukaan Tempat Wisata Bupati Pacitan, Indartato, mengunjungi Pantai Watu Karung. (pacitankab.go.id)

    Madiunpos.com, PACITAN -- Rencana Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, membuka kembali sejumlah objek wisata di tengah pandemi corona kini ditinjau ulang. Ini menyusul adanya tambahan tiga pasien Covid-19 pada Sabtu (27/6/2020).

    Ketiga pasien ini berasal dari Kecamatan Tegalombo dan Kecamatan Ngadirojo. Dua pasien di antaranya tertular dari Surabaya. Sementara satu pasien lainnya terpapar Covid-19 dari penularan lokal di Kecamatan Sudimoro. "Namun alhamdulillah ada satu pasien dari Kecamatan Tulakan yang dinyatakan sembuh," ujar Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo, Sabtu, dalam ngawikab.go.id.

    Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pacitan, Rachmad Dwiyanto, mengatakan karena ada pasien baru dari klaster Sudimoro, pihaknya berencana menggelar rapid test massal. Rapid test massal ini akan digelar di Karang Turi, Desa Sumberejo, Kecamatan Sudimoro.

    Pemkab Pacitan Buka Kembali Pantai Watu Karung pada 30 Juni 2020

    "Pasien bernomor 21 di Karang Turi ini sempat menggelar resepsi pernikahan. Dan instansi tempatnya bekerja juga terkonfirmasi Covid-19," ujar Rachmad.

    Lebih lanjut Rachmad menjelaskan penambahan tiga pasien ini bisa membuat status Kabupaten Pacitan yang sudah zona kuning menjadi oranye. Jika sudah berstatus oranye, pembukaan tempat wisata tidak bisa dilakukan. Karena, syarat pembukaan destinasi wisata salah satunya adalah berstatus zona kuning.

    "Kami akan koordinasi dengan gugus tugas melihat perkembangan," ujarnya.

    Update Covid-19 Pacitan

    Berdasarkan pantauan Madiunpos di situs covid19.pacitankab.go.id pada Senin (29/6/2020), jumlah pasien Covid-19 di Pacitan sebanyak 24 orang. Sebanyak 11 orang di antaranya sembuh, satu meninggal dunia.

    Santri di Pacitan Bagi-Bagi Ramuan Herbal

    Sementara jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) ada 18 orang, 13 selesai pengawasan, empat meninggal dunia.

    Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten Pacitan akan membuka kembali objek wisata Pantai Watu Karung, Pringkuku, pada 30 Juni 2020. Pembukaan kembali destinasi wisata yang menjadi surganya para peselancar ini seiring dengan berubahnya status Pacitan menjadi zona kuning Covid-19.

    “Sarat pertama adalah zona kuning. Bersyukur saat ini kita statusnya kuning,” ujar Bupati sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Pacitan, Indartato, saat launching Wisata Tangguh Semeru di Pantai Watu Karung Pacitan Indartato. Jumat (26/6/2020).

    Sempat akan Dibuka Hari ini, Objek Wisata di Kabupaten Pacitan Ditutup Lebih Lama

    Bupati mengatakan aktivitas di Watu Karung harus berjalan seperti biasa, namun dengan menerapkan protokol kesehatan. Sehingga, tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan membatasi jumlah pengunjung.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.