Telinga Kemasukan Air, Ini Langkah Mudah Mengatasinya

Walaupun bukan hal yang serius, telinga kemasukan air dapat mengganggu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Telinga Kemasukan Air, Ini Langkah Mudah Mengatasinya

    Madiunpos.com, MADIUN – Telinga seringkali kemasukan air saat mandi atau saat berenang mungkin pernah Anda alami. Saat ada air yang masuk ke saluran telinga, Anda mungkin akan merasakan gatal di telinga bahkan sampai ke tulang rahang dan tenggorokan.

    Sebenarnya, hal ini bukanlah masalah yang serius. Tanpa perawatan apapun, air akan keluar dengan sendirinya. Namun, ada kalanya air tidak mau keluar. Kondisi air yang masuk ke telinga juga bisa menyebabkan infeksi telinga jika dibiarkan.

    Tetapi Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan air tersebut. Berikut ini cara mengatasi telinga kemasukan air dilansir dari suara.com, Selasa (22/12/2020).

    Mohamed Salah Tak Nyaman di Liverpool, Ini Alasannya

    1. Gerakkan daun telinga

    Untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam telinga, Anda bisa mencoba menggerakkan daun telinga dengan lembut. Coba lakukan sambil memiringkan kepala ke bawah. Selain itu, bisa juga dengan menggelengkan kepala dari sisi ke sisi. Melakukan gerakan tersebut dapat membuat air keluar dari telinga.

    1. Miringkan kepala

    Air dapat mengalir dengan sendirinya karena gaya gravitasi. Anda cukup memiringkan kepala ke arah samping, sesuai dengan sisi telinga yang kemasukan air, dan tunggu selama 5 hingga 15 menit. Perlahan air akan mengalir keluar.

    1. Buat ruang hampa di telinga

    Ruang hampa akan membuat air keluar dari telinga. Hal ini dapat dilakukan dengan menutup telinga rapat-rapat dengan tangan. Setelah itu, gerakkan tangan ke depan dan belakang serta mendorongnya. Setelah didorong, miringkan kepala ke samping dan biarkan air mengalir keluar.

    Ini Jawaban Kevin Sanjaya saat Ditanya soal Gaji

    1. Gunakan pengering rambut

    Panas dari pengering rambut dapat membuat air di dalam telinga menguap. Nyalakan pengering rambut dengan pengaturan suhu yang paling kecil, lalu arahkan ke telinga. Udara hangat yang masuk akan membuat air di dalam telinga menguap dan menghilang dengan sendirinya.

    1. Obat tetes telinga dari alkohol dan cuka

    Alkohol dapat membantu menguapkan air di telinga Anda. Alkohol juga berfungsi untuk menghilangkan pertumbuhan bakteri, yang dapat membantu mencegah infeksi. Jika air yang terperangkap terjadi karena penumpukan kotoran telinga, cuka dapat membantu menghilangkannya.

    1. Teteskan air

    Tetesan air dapat memancing air yang terdapat di dalam telinga untuk keluar. Caranya, masukan beberapa tetes air lalu segera miringkan kepala ke samping. Lakukan kegiatan itu beberapa kali sampai air yang terdapat di dalam telinga keluar semua.

    Jokowi Reshuffle Kabinet, PKB Optimistis Posisi Kader Aman

    1. Menguap atau mengunyah

    Mengunyah dapat membantu mengeluarkan air yang tersangkut di dalam telinga. Menggerakkan mulut dapat membantu membuka saluran pada telinga sehingga air dapat keluar. Selain itu, menguap juga dapat meregangkan otot di dalam telinga sehingga air dapat keluar dengan lebih mudah.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.