Terendah! BPS Catat Angka Inflasi di Madiun Saat Momen Lebaran 2020 Hanya 0,01%

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun mencatat angka inflasi di Kota Madiun pada bulan Mei 2020 sebesar 0,01% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 103,20.

Terendah! BPS Catat Angka Inflasi di Madiun Saat Momen Lebaran 2020 Hanya 0,01% BPS Madiun Kota (Twitter :@bpsmadiunkota)

    Madiunpos.com, MADIUN — Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun mencatat angka inflasi di Kota Madiun pada bulan Mei 2020 sebesar 0,01% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 103,20.

    Pada bulan Mei ini, Kota Madiun mencatatkan sebagai daerah dengan angka inflasi terendah dari delapan kota/kabupaten penghitung inflasi di Jawa Timur. Sedangkan untuk daerah yang mengalami deflasi tertinggi yakni di Kota Kediri dengan angka -0,19%.

    Pemkot Madiun Telah Memberikan Bantuan Kepada Keluarga Bayi Hidrosefalus

    Kepala BPS Kota Madiun, Umar Sjaifudin, mengatakan angka inflasi di Kota Madiun pada bulan Mei dipengaruhi adanya kenaikan IHK pada kelompok kesehatan sebesar 0,88%, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,79%, kelompok transportasi 0,26%.

    “Sedangkan IHK di Kota Madiun dipengaruhi oleh naiknya harga pada beberapa komoditas seperti daging ayam ras, bawang merah, telur ayam ras, rokok putih, dan ongkos jahit serta apel,” kata dia, Jumat (5/6/2020).

    Ratusan Karyawan Pabrik Rokok Sampoerna Madiun Jalani Rapid Test Kedua

    Dia menyampaikan biasanya pada saat Ramadan dan Lebaran, angka inflasi di Kota Madiun tinggi. Hal ini karena pada saat Lebaran terjadi kenaikan konsumsi masyarakat.

    Namun, pada momen Lebaran pada bulan Mei 2020 justru berbeda, angka inflasi justru sangat kecil. Hal ini tak lain disebabkan karena daya beli masyarakat turun dalam masa pandemi Covid-19.

    Penutupan Tempat Karaoke dan Diskotek di Madiun Diperpanjang

    Dalam kondisi pandemi ini, pendapatan masyarakat cenderung menurun. Pendapatan menurun ini berdampak pada daya beli masyarakat yang juga ikut turun.

    “Inflasi Lebaran tahun ini memang yang terendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pada Mei 2019, angka inflasinya mencapai 0,61,” kata dia.

     



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.