Terjadi 13 Gempa Susulan Malang, BMKG: Magnitudonya Kecil

Pengamatan BMKG, rentetan gempa Malang ini rata-rata gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo Australia.

Terjadi 13 Gempa Susulan Malang, BMKG: Magnitudonya Kecil Peta gempa susulan di perairan selatan Malang. (Istimewa BMKG Nganjuk)

    Madiunpos.com, SURABAYA - BMKG mencatat terjadi 13 kali gempa susulan pascagempa bumi berkekuatan 6,1 di perairan selatan Malang, Jawa Timur. Gempa susulan dengan magnitudo lebih kecil ini disebut pertanda baik.

    Gempa susulan ini terjadi dengan magnitudo berbeda-beda, antara M 2,8 hingga M 5,3. Sedangkan kedalaman gempa antara 29 hingga 102 KM, dengan pusat gempa di laut barat daya Kabupaten Malang.

    Pengamatan BMKG, rentetan gempa Malang ini rata-rata gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo Australia.

    Pemerintah Larang Mudik, Ini Beda Istilah Mudik dengan Pulang Kampung

    "Ini pertanda baik bahwa kondisi tektonik di pusat gempa sudah mulai stabil. Jadi [potensi] untuk terjadi gempa yang lebih besar itu kecil," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, kepada detikcom di Surabaya, Rabu (14/4/2021).

    Daryono memaparkan ada beberapa tipe gempa. Sedangkan gempa di Selatan Malang disebut gempa tipe pertama.

    "Di Malang berarti tipe gempanya tipe main shock, after shock. Itu berarti tipe ini munculnya kecil, diteruskan susulannya yang lebih kecil. Itu tipe pertama. Kalau tipe kedua, itu ada rangkaian gempa pembuka atau fore shock, kemudian muncul main shock baru after shock. Kalau di Malang ini tipe pertama tadi, tanpa ada gempa pembuka," papar Daryono.

    Pasien Covid-19 Tersisa 3 Orang, Kabupaten Probolinggo Menuju Zona Hijau

     

    Pertanda Baik

    Hal ini, lanjut Daryono, merupakan pertanda baik. Karena, gempa ini sudah minim after shock.

    "Tapi kalau melihat tren gempa susulan ini, berarti ini gempa miskin after shock. Kita menyebutnya minim after shock. Kalau melihat tipe seperti ini merupakan pertanda baik," pungkasnya.

    Sebelumnya, hari pertama pascagempa besar di Malang selatan Sabtu (10/4/2021) terjadi tujuh kali gempa susulan. Dampak gempa Malang ini dirasakan warga Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Banyuwangi, Ponorogo, dan Jember.

    BMKG Minta Jatim Waspadai Longsor dan Banjir Bandang

    Sedangkan Minggu (11/4/2021) terjadi tiga kali gempa, Senin (12/4/2021) satu kali gempa dan Selasa (13/4/2021) terjadi dua kali gempa susulan. Rentetan gempa susulan dengan kekuatan di bawah gempa utama merupakan hal yang biasa terjadi. Namun tidak semua gempa besar selalu disertai dengan gempa susulan.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.