Terkait Penyekapan Polisi oleh Santri, Polres Sampang Pastikan Tak Ada Rekayasa Penyelidikan Kasus Narkoba

Polres Sampang pastikan tidak ada rekayasa dalam kasus penyelidikan narkoba yang berujung pada penyekapan dua polisi oleh para santri.

Terkait Penyekapan Polisi oleh Santri, Polres Sampang Pastikan Tak Ada Rekayasa Penyelidikan Kasus Narkoba Situasi di salah satu ponpes di Sampang, saat para santri menyekap dua polisi. (Istimewa/detik.com)

    Madiunpos.com, SAMPANG -- Kasus penyekapan dua anggota Polres Sampang oleh santri salah satu pondok pesantren (ponpes) di Kecamatan Robatal, Sampang pada Senin (24/8/2020) bikin heboh. Para santri menuding ada rekayasa dalam penangkapan rekan mereka oleh dua polisi tersebut dalam kasus narkoba sehingga mereka melakukan penyekapan tersebut.

    Sementara itu, pihak Polres Sampang menegaskan tidak ada rekayasa dalam penyelidikan transaksi narkoba yang berujung penyekapan dua anggota mereka. Untuk menjaga kondusivitas, seorang santri dan adiknya yang ditangkap telah dilepas polisi. Begitu juga dengan dua polisi yang disekap, kini sudah dibebaskan. Polisi kini menyebut menemukan fakta baru. Namun, hal ini masih butuh pendalaman lebih lanjut.

    Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz sebelumnya mengatakan pihaknya mengamankan seorang santri dan adiknya yang diduga mengirim sabu. Sabu yang dikirim adik kepada kakaknya di pesantren ternyata dititipi oleh seseorang. Abdul menyebut ada jaringan narkoba dengan pelaku berinisial Mn yang tengah diselidiki oleh pihaknya.

    Dua Polisi Disandera Santri Ponpes Sampang Saat Menyidik Kasus Narkoba

    "Adik yang dititipi barang atas nama Mn," kata Abdul, Rabu (26/8/2020), mengutip detik.com.

    Situasi saat terjadi penyekapan dua polisi di salah satu ponpes di Robatal, Sampang. (detik.com)

    Saat ditangkap polisi, sang adik mengaku kepada polisi jika tidak tahu menahu barang apa yang dititipkan seseorang padanya. Namun sayang, penyelidikan sempat tertunda lantaran ada kesalahpahaman di kalangan para santri dan warga sekitar ponpes. Kesalahpahaman itu berujung penyekapan dua polisi.

    "Dari penjelasan Wakapolres, [adik santri] juga nggak tahu atas barang yang dititipin, sehingga tadinya anggota lidik [hendak] lanjut, tapi keburu ada peristiwa tersebut," ungkapnya.

    Penyelidikan Tetap Lanjut

    Meski penyelidikan sempat tertunda akibat kesalahpahaman masyarakat hingga berujung penyekapan pada anggota, Abdul menegaskan pihaknya akan melanjutkan proses penyelidikan kasus ini.

    Abdul menambahkan pihaknya dibantu Bupati Sampang dan sejumlah kiai telah melakukan mediasi dengan ponpes tersebut. Mediasi ini berujung kesepakatan jika ponpes telah menyerahkan proses hukum kepada polisi.

    Pegawai BPS di Sampang Diclurit Saat ke ATM, Kepala Robek

    "Mengingat perkara tindak pidana narkotika ini sangat unik dan dimungkinkan peristiwa ini telah banyak diketahui orang banyak, sehingga diputuskan untuk tidak dilanjutkan penyelidikan saat itu dan akan dilakukan lidik di lain waktu," ungkap Abdul.

    "Proses mediasi berjalan tertib, aman dan kondusif dengan kesepakatan menyerahkan proses tersebut secara hukum dan anggota tersebut dapat kembali bersama rombongan kita," pungkas Abdul.

    Kronologi

    Sebelumnya diberitakan, kejadian ini terekam dalam video berdurasi 24 detik yang beredar. Dalam video tersebut, kejadian ini berlangsung di lingkungan pesantren yang diduga menggambarkan suasana saat dua anggota polisi disekap para santri dan warga setempat.

    "Dinnak reah kennengannah ulama [Di sini tempatnya ulama]," ujar suara dalam video tersebut.

    Dari informasi yang dihimpun, kasus ini bermula pada Senin (24/8) petang. Saat itu, kondisi pesantren ramai aktivitas kunjungan keluarga dan pengiriman makanan hingga uang dari keluarga kepada santri.

    Joss! 40 Warga Sampang Madura Tolak Bantuan Pemerintah

    Lalu, ada salah satu keluarga santri yang hendak mengirimkan barang. Laki-laki yang disebut sebagai adik dari santri tersebut sudah dibuntuti polisi. Diketahui, adik dari santri itu masih di bawah umur.

    Kemudian, santri yang akan menerima barang, menghampiri adiknya yang sedang duduk di gardu tempat pengiriman. Santri tersebut langsung mengambil barang dan diselipkan di pecinya. Lalu, aparat datang menciduk kedua kakak-beradik ini. Keduanya ditangkap dan dibawa ke Polsek Robatal karena kedapatan bertransaksi sabu-sabu.

    Polisi kemudian kembali ke lokasi untuk mengambil barang bukti sepeda motor milik keluarga santri. Namun, karena tak terima dengan perampasan ini, terjadi lah penahanan terhadap polisi.

    Suasana juga bertambah ramai saat para alumni pesantren semakin banyak berdatangan. Para alumni mendesak petugas untuk menghadirkan oknum yang sengaja memberi narkoba, karena pengakuan keluarga, ada seseorang tak dikenal yang memberikan barang tersebut.

    Saat terjadi penangkapan, muncul provokasi yang menyebut polisi menjebak transaksi sabu-sabu. Akibatnya, polisi pun diamankan para santri dan dibawa ke pesantren.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.