Terlalu Sering Pakai Gel Rambut? Ini Akibatnya

Walaupun gel rambut memiliki banyak manfaat, ada efek samping di balik penggunaan gel rambut.

Terlalu Sering Pakai Gel Rambut? Ini Akibatnya Rambut yang diberi gel rambut akan terlihat lebih tertata. (okezone.com)

    Madiunpos.com, MADIUN  –  Untuk tampilan yang lebih stylish, beberapa orang memilih menggunakan produk gel rambut untuk menunjang penampilan. Gel rambut adalah produk yang biasa digunakan untuk menata dan membentuk rambut.

    Gel rambut bekerja sangat efisien untuk menata rambut karena mengandung plastik yang disebut PVP sebagai bahan utamanya. PVT adalah sealer polimer yang membantu memperkuat kutikula rambut.

    Polimer dalam PVT ketika larut dalam air membentuk lapisan di antara setiap helai rambut. Dengan begitu, ketika diaplikasikan pada rambut basah, gel rambut bisa mengeraskan rambut dan memungkinkan Anda untuk membentuknya.

    Sebut Burung Suami Kecil, Istri Dipanggil Polisi

    Walaupun gel rambut cukup bermanfaat, gel rambut memiliki efek samping tertentu yang harus Anda ketahui. Berikut efek samping gel rambut dikutip dari Boldsky dalam okezone.com, Jumat (16/10/2020):

    1. Rambut kering

    Gel rambut mengandung alkohol dan bahan kimia keras lainnya yang menghilangkan kelembaban rambut. Dengan begitu, rambut mengalami dehidrasi dan kering. Selain itu, menggunakan gel rambut secara berlebihan dapat menyebabkan kulit kepala terasa gatal dan bersisik serta membuat rambut kasar dan keriting.

    1. Ketombe

    Kulit kepala yang mengalami dehidrasi dapat menyebabkan banyak masalah rambut, salah satunya ketombe. Penggunaan gel rambut yang berlebihan dapat membuat kulit kepala kering dan bersisik yang pada akhirnya menyebabkan ketombe. Selain itu, gel rambut membuat kulit kepala rentan terhadap kerusakan dan serangan bakteri yang merupakan salah satu penyebab utama ketombe.

    Bertengkar, Suami di Surabaya Pukul Istri Pakai Palu hingga Meninggal

    1. Rambut rontok

    Penggunaan gel rambut yang berlebihan dan terus menerus membuat akar rambut menjadi lemah. Akar yang lemah dapat menyebabkan kerontokan dan menghambat pertumbuhan sehingga merusak rambut. Tidak hanya itu, gel rambut dapat mengeringkan kulit kepala serta membuat rambut kasar dan rambut.

    1. Mengubah tekstur rambut

    Penggunaan gel rambut secara ekstensif adalah mengubah tekstur rambut. Menggunakan gel rambut dapat mengurangi produksi sebum di kulit kepala dan lama-kelamaan akan membuat rambut tak bernyawa dan keriting sehingga berubah tekstur.

    1. Mengubah warna rambut

    Gel rambut turut mempengaruhi warna rambut lantaran mengganggu keseimbangan pH kulit kepala. Selain itu, bahan kimia keras yang terkandung dapat menyebabkan warna rambut alami memudar.

    Valentino Rossi Positif Covid-19, Siapa Penggantinya di GP Aragon?

     

     



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.