Lidah Tergigit, Berikut Ini Penyebabnya

Lidah sering tergigit menandakan kondisi yang lebih serius. Ada beberapa penyebab lidah seseorang tergigit.

Lidah Tergigit, Berikut Ini Penyebabnya Ilustrasi lidah. (klikdokter.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Lidah tergigit pasti pernah dialami semua orang. Hal ini sebenarnya normal terjadi. Bagian lidah yang paling rentan mengalami hal ini adalah bagian depan dan samping, tepatnya bagian yang dekat dengan gigi.

    Selain menyebabkan rasa nyeri, terkadang muncul luka atau pendarahan akibat lidah tergigit. Namun, jika Anda terlalu sering mengalami lidah tergigit, bisa jadi hal ini menandakan kondisi yang lebih serius.

    Berikut ini adalah beberapa penyebab lidah seseorang tergigit dikutip dari klikdokter.com, Jumat (16/10/2020):

    Sebut Burung Suami Kecil, Istri Dipanggil Polisi

    1. Faktor stres

    Lidah tergigit yang terjadi secara berulang-ulang bisa jadi akibat kondisi tertentu seperti stres atau keadaan di bawah tekanan. Beberapa individu yang sedang mengalami stres, kadang tanpa sadar, seperti menghisap udara melalui sela-sela gigi, mengunyah atau menggigit lidah. Selain itu, jika pada lidah terdapat luka yang meradang, biasanya dengan menggigit lidah, orang tersebut akan merasa nyaman.

    1. Terjadi pembesaran lidah

    Lidah tergigit juga sering terjadi karena pembesaran pasif lidah akibat hilangnya beberapa gigi bawah dan tidak diganti dengan gigi tiruan. Pembesaran lidah ini dapat Anda cermati saat lidah akan menutupi sebagian permukaan gigi bawah. Oleh karena itu, pada saat mengunyah atau berbicara, bagian tepi lidah biasanya akan sering tergigit.

    1. Bruxism

    Ketika lidah sering tergigit saat tidur, salah satu penyebabnya adalah bruxismBruxism adalah kondisi seseorang yang seringkali menggemaratakan, menekan, atau menggesekkan giginya ke atas dan ke bawah maupun ke kanan dan ke kiri secara tidak sadar. Saat seseorang melakukan kebiasaan ini, tak jarang lidah akan ikut tergigit.

    Bertengkar, Suami di Surabaya Pukul Istri Pakai Palu hingga Meninggal

    1. Kejang pada malam hari

    Kondisi kejang pada malam hari juga dapat menyebabkan sering tergigitnya lidah saat tidur. Biasanya, bagian yang tergigit adalah bagian tepi samping lidah. Pada kondisi ini, penderita akan mengalami gerakan menyentak-sentak dan otot-ototnya menjadi kaku. Kondisi ini hanya terjadi pada malam hari, sehingga agak sulit untuk menegakkan diagnosis penyebab lidah tergigit tersebut.

    1. Gangguan pergerakan ritmik

    Gangguan pergerakan ritmik merupakan gangguan saraf yang terjadi pada anak-anak. Gangguan ini melibatkan gerakan yang berulang-ulang pada kepala dan leher, berlangsung tidak disadari. Biasanya terjadi sebelum dan ketika tidur, dan bisa berlangsung hingga 15 menit.

    1. Penyakit lyme

    Penyakit ini memengaruhi otak dan sistem saraf. Otak yang tidak berfungsi dengan normal mengirimkan sinyal yang salah kepada otot dan saraf. Akibatnya muncul gerakan tanpa sadar saat orang tersebut tidur. Salah satu akibat dari gerakan ini adalah lidah tergigit.

    Jadi Tuan Rumah UMKM Virtual Expo 2020, Wali Kota Madiun Dukung UMKM Go International

    1. Penggunaan antidepresan

    Pemakaian obat antidepresan dapat menimbulkan reaksi seperti lidah tergigit saat tidur. Namun, keluhan ini dapat dihentikan bila obat tersebut diganti atau berhenti dikonsumsi.

    1. Gigi tiruan yang tidak sesuai

    Bila keluhan lidah tergigit yang Anda rasakan mulai terjadi berulang kali, apalagi jika terjadi tanpa disadari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya dan dapat dilakukan perawatan  yang tepat untuk menyembuhkannya.

    Valentino Rossi Positif Covid-19, Siapa Penggantinya di GP Aragon?

     

     



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.