Uji Coba Rampung, Parkir Elektronik di Pasar Besar Madiun Diberlakukan Normal

Pemerintah Kota Madiun mulai memberlakukan tarif parkir normal dalam one gate system atau sistem parkir elektronik di Pasar Besar Madiun.

Uji Coba Rampung, Parkir Elektronik di Pasar Besar Madiun Diberlakukan Normal Wali Kota Madiun Maidi saat meninjau kesiapan parkir elektronik di Pasar Besar Madiun, Senin (10/4/2023). (Istimewa/Pemkot Madiun)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota Madiun mulai memberlakukan tarif parkir normal dalam one gate system atau sistem parkir elektronik di Pasar Besar Madiun. Pemberlakuan ini setelah sistem baru itu diuji coba selama sekitar 20 hari.

    Sesuai Perda Nomor 16/2018, tarif parkir di Pasar Besar Madiun, yaitu Rp500 untuk sepeda kayuh, Rp1.000 untuk sepeda motor dan becak, Rp1.500 untuk kendaraan motor beroda tiga, Rp2.000 untuk mobil, dan Rp4.000 untuk truk.

    Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun, Ansar Rasidi, mengatakan one gate system parkir di Pasar Besar Madiun mulai diberlakukan sejak 1 Mei 2023. Sebelum diberlakukan, pemkot telah melakukan uji coba dan menggratiskan tarif parkir di pasar tradisional terbesar tersebut.

    “Kemarin kita gratiskan selama masa uji coba. Kami rasa sudah berjalan cukup baik selama ini. Tarif sudah kami berlakukan sejak 1 Mei kemarin,” kata dia kemarin.

    Baca Juga: Tak Terima Ditegur karena Lawan Arus, Pemuda Hajar Sekuriti Pelabuhan Tanjung Perak

    Masa uji coba, kata dia, dimulai sejak 10 April 2023. Pemkota menggratiskan tarif parkir pada masa uji coba bertujuan untuk uji coba dan upaya mencegah kenaikan harga signifikan dalam momen Lebaran.

    Selain itu, masa uji coba juga untuk mengetahui kekurangan sistem portal tersebut. Pihaknya juga melakukan berbagai evaluasi selama masa uji coba.

    Ansar menyampaikan potensi pendapatan dari sektor parkir di Pasar Besar Madiun cukup besar. Tim ahli yang melakukan penghitungan menyebut potensi parkir mencapai Rp2 miliar.

    “Untuk besaran pendapatan pastinya masih ada di rekanan. Belum dilaporkan, mungkin nanti akhri bulan ini,” ujar dia.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.