Unik, Inilah 8 Warna Bola Mata di Dunia

Setiap orang memiliki warna bola mata yang berbeda. Pigmentasi iris dan cara iris menyebarkan cahaya yang melewatinya menjadi penyebab warna bola mata yang berbeda. Ada beberapa warna bola mata yang populer di dunia.

Unik, Inilah 8 Warna Bola Mata di Dunia Ilustrasi warna bola mata unik. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Di dunia ini, ada beragam warna mata manusia. Warna bola mata yang dimiliki seseorang memang selalu menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

    Warna bola mata manusia ditentukan oleh dua faktor yaitu pigmentasi iris dan cara iris menyebarkan cahaya yang melewatinya. Gen menentukan seberapa banyak melanin yang ada di mata. Semakin banyak melanin, semakin gelap mata.

    Dilansir dari liputan6.com, Senin (25/1/2021), berikut ini populasi warga dunia dilihat dari warna bola mata di dunia, mulai dari yang terbanyak hingga terlangka.

    Keji! Kakak di Pasuruan Cangkul Adik hingga Meninggal

    1. Bola mata berwarna cokelat (70%-79%)

    Mayoritas penduduk di dunia memiliki mata berwarna cokelat. Faktanya, antara 70% sampai 79% orang memiliki bola mata cokelat, menjadikan warna bola mata tersebut paling umum di dunia.

    Warna bola mata sebagian bersifat genetik. Warna cokelat dianggap paling dominan. Artinya, jika salah satu orang tua Anda memiliki warna mata selain cokelat meski lainnya tidak, maka kemungkinan Anda akan memiliki mata berwarna cokelat.

    1. Bola mata berwarna biru (8%-10%)

    Bola mata berwarna biru adalah jenis yang paling umum kedua pada manusia. Hanya ada antara 5% dan 10% manusia yang bisa membanggakan warna biru pada bola matanya. Menariknya, mutasi genetik ini diperkirakan terjadi antara 6.000 dan 10.000 tahun lalu, yang disebut sebagai asal muasal dari warna mata ini.

    1. Bola mata berwarna hazel (5%)

    Pemilik bola mata berwarna hazel memiliki kombinasi warna pada irisnya. Terdapat semacam campuran hijau dan oranye atau emas yang hampir mirip seperti warna mata kucing.

    Meskipun semua orang hampir dapat memiliki warna mata ini, namun warna mata ini paling sering ditemukan di Afrika Utara, Timur Tengah, Brasil dan orang-orang keturunan Spanyol.

    Balap Liar di Kediri Dibubarkan, 134 Motor Dibawa ke Kantor Polisi

    1. Bola mata berwarna amber (5%)

    Bola mata berwarna amber ini cokelat muda, terkadang seperti oranye kecoklatan. Orang-orang pada keturunan Asia, Spanyol, Amerika Selatan, dan Afrika Selatan dapat dikatakan lebih cenderung memiliki bola mata berwarna amber.

    1. Bola mata berwarna abu-abu (3%)

    Orang dengan mata abu-abu memiliki iris yang tidak mengandung melamin dan juga kolagen dalam jumlah ekstra, disebut sebagai stroma. Akibatnya memblokir warna biru agar tidak muncul di mata mereka, yang kemudian menghasilkan rona berwarna abu-abu.

    1. Mata berwarna hijau (2%)

    Mata hijau adalah warna yang paling langka di dunia. Beberapa daerah memiliki konsentrasi orang bermata hijau yang sangat besar.

    Meskipun jarang ditemukan di tempat lain, orang bermata hijau dan biru sangat umum di Irlandia dan Skotlandia, sehingga lebih dari 86% populasi dimiliki oleh negara tersebut.

    Bukan Mars, Planet Ini Disarankan Ilmuwan Sebagai Tempat Tinggal Manusia

    1. Mata berwarna violet/merah (kurang dari 1%)

    Seseorang dapat terlihat memiliki mata ungu, ketika dirinya kekurangan pigmentasi pada bola mata dan cahaya memantulkan pembuluh darahnya.

    Orang dengan mata berwarna ini biasanya albino. Kurangnya pigmentasi pada kulit mereka yang menyebabkan pembuluh darah muncul dan memberikan tampilan mata berwarna merah.

    1. Heterochromia (kurang dari 1%)

    Heterochromia merupakan istilah merujuk pada orang yang memiliki dua bola mata dengan warna yang berbeda. Beberapa orang memiliki dua warna pada kedua matanya, dan yang lainnya memiliki warna berbeda untuk setiap bola mata.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.