Update Covid-19 Madiun! Istri Tertular Suami, Pasien Positif Corona Jadi 3

Jumlah pasien positif corona di Kabupaten Madiun bertambah satu, yakni istri dari pasien nomor dua.

Update Covid-19 Madiun! Istri Tertular Suami, Pasien Positif Corona Jadi 3 Bupati Madiun, Ahmad Dawam (Antara/Humas Kabupaten Madiun)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Jumlah pasien positif terjangkit virus corona (Covid-19) di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, bertambah satu. Per Jumat (10/4/2020), jumlah pasien positif corona menjadi tiga orang.

    Penambahan jumlah pasien positif corona ini disampaikan Bupati Madiun, Ahmad Dawami, Jumat (10/4/2020) malam. "Di Kabupaten Madiun hingga Jumat tercatat ada tiga pasien positif Covid-19. Sebelumnya ada satu, sekarang total ada tiga," ujar Bupati dalam konferensi pers di Pendopo Muda Graha Madiun.

    Satu dari tiga pasien itu, yakni pasien pertama, telah dinyatakan sembuh. Pasien asal Kecamatan Geger yang juga ASN Kemenag Kabupaten Madiun itu kini telah pulang setelah dirawat di RSUD dr. Soedono Madiun. Hasil tes swab-nya terkonversi negatif.

    Update Covid-19 Ponorogo! Tambah 1, Jadi 6 Pasien Positif Corona

    Sedangkan dua pasien tambahan lainnya adalah orang tanpa gejala (OTG) yang merupakan pasangan suami istri warga Kecamatan Kebonsari.

    "Hasil penelusuran tim kami, pasien kedua ini diduga tertular dari pasien pertama. Mereka merupakan satu klaster (pelatihan haji di Surabaya). Sedangkan pasien ketiga merupakan istri dari pasien nomor dua," kata dia.

    Atas tambahan kasus pasien positif Covid-19 tersebut, Bupati meminta warga Kabupaten Madiun untuk bisa menjaga diri sediri dan keluarga. Warga diminta untuk disiplin melakukan pencegahan penyebaran corona dengan rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

    Pemkot Madiun Mulai Salurkan Bantuan Pangan Non Tunai Daerah

    "Adanya ketiga pasien positif Covid-19 ini merupakan peringatan bagi kita semua, bahwa corona itu benar-benar ancaman dan harus dicegah. Corona itu bisa dicegah ketika semua masyarakat Kabupaten Madiun bersatu menanganinya dan disiplin. Baik disiplin mencuci tangan, disiplin pakai masker, dan jaga jarak," katanya.

    Belum KLB

    Meski terjadi penambahan kasus positif corona, Bupati Ahmad Dawami belum menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) Covid-19 di wilayahnya. Hal itu karena terdapat satu pasien di antaranya yang telah terkonversi negatif atau sembuh.

    Pihaknya bersama tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Madiun terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran corona di wilayah setempat. Seperti, sosialisasi untuk meningkatan hidup bersih dan sehat, serta melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat fasum.

    Pemkab Pacitan Akan Gunakan Pengeras Suara Masjid Kampanyekan Pencegahan Corona

    Selain itu, pihaknya juga memantau para pemudik yang telanjur pulang kampung meskipun telah ada larangan mudik. Pemkab juga menyediakan lokasi untuk karantina bagi pemudik. Pemkab juga menginstruksikan semua kepala desa agar memberdayakan para penjahit di masing-masing desa untuk membuat masker guna mencukupi kebutuhan warga desanya.

    "Dengan disiplin dari semua pihak, Insya Allah corona bisa dicegah di Kabupaten Madiun," katanya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.